Cara Untuk Mencegah Bayi Cacingan Dengan Aman Dan Alami

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan anak tentunya tidak gampang. Apalagi jika anak anda masih berada pada masa aktifnya, maka aktifitas anak untuk terkontaminasi dengan lingkungan yang tidak sehat akan sangat sulit terkontrol. Salah satu penyakit yang sangat sering menimpa anak adalah penyakit cacingan. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangatlah berbahaya jika dibiarkan, karena selain mengganggu nafsu makan anak, ia juga berdampak pada postur tubuh anak yang akan menjadi kurus.



Kita dapat melakukan upaya pencegahan bayi cacingan mulai dari faktor lingkungan, orang tua dan bayi. Berikut beberapa hal yang harus kita lakukan :

  • Faktor lingkungan tempat tinggal bayi
    Lingkungan memiliki faktor yang besar terhadap cacingan, untuk itu lakukanlah hal-hal yang berguna untuk kesehatan bayi seperti : menjaga sumber air yang ada di sekitar rumah, jaga kebersihan kebun dan buang kotoran hewan maupun manusia yang ada di sekitar pekarangan. Selain itu semua warga harus membudayakan untuk mencintai lingkungan yang bersih dan sehat.
  • Faktor orang tua si bayi
    Kebersihan dan pola hidup orang tua juga sangat berpengaruh besar  terhadap kesehatan sang bayi cacingan. Maka dari itu sebagai orang tua sebaiknya selalu berusaha untuk hidup dengan kebersihan seperti : mencuci hingga bersih semua bahan masakan yang akan dimakan, mencuci peralatan bayi yang telah digunakan maupun akan digunakan, cuci tangan sebelum melakukan aktivitas memasak di dapur, memotong kuku secara berkala dan hindari memberikan bayi dengan denga daging yang diragukan kematangannya.
  • Faktor bayi itu sendiri
    Selain faktor lingkungan dan orang tua, faktor bayi juga bisa menyebabkan cacing masuk dengan mudah ke dalam tubuh bayi. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa melakukan hal-hal seperti : mandikan bayi 2x sehari, gunakan antiseptik pada bak mandi bayi (tentu yang sesuai dengan bayi), potong kuku tangan dan kaki bayi, selalu pakaikan alas kaki pada kaki jika keluar dari rumah, gunakan baju yang telah dicuci bersih, segera ganti baju bila baju yang digunakan bayi terlihat kotor, larang bayi Anda bermain di tanah karena tanah tersebut kemungkinan besar telah terkontaminasi dengan kotoran hewan maupun manusia, lakukan kebiasaan mencuci tangan bayi sebelum memegang makanan, berikan obat cacing pada bayi secara rutin untuk mencegah bayi cacingan, dan biasakan bayi untuk buang air di toilet.
Baca Juga:  Cara Mengembangkan Pembelajaran Anak Dengan Menggunakan Jenis Kepintaran

Ketiga faktor diatas merupakan cara untuk mengatasi cacingan pada bayi, jadi lakukanlah hal-hal diatas agar si buah hati Anda aman dari cacing parasit yang tinggal di tubuhnya.