Cara Untuk Menambah Kalsium

DokterSehat.Com – Kalsium merupakan sebuah elemen kimia yang memiliki simbol Ca dan nomor atom 20. Kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia. Kalsium bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi serta diperlukan dalam pembekuan darah, kontraksi otot, transmisi sinyal pada sel saraf. Kalsium dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.



Kalsium dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah serta dapat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler pada wanita post-menopause.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penipisan dan melemahnya tulang dan osteporosis. Gejala lain dari kekurangan kalsium adalah kejang otot, kehilangan memori, depresi, mati rasa dan sensasi kesemutan di bagian tubuh yang berbeda seperti tangan dan kaki.

Berikut cara untuk meningkatkan tingkat kalsium dalam tubuh :

  • Hindari minuman bersoda dan kafein
    Soda dan kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium. Oleh karena itu, lebih baik untuk menghindari kelebihan asupan minuman soda dan minuman berkafein. Kelebihan minuman soda menyebabkan peningkatan kadar fosfat dalam darah. Tingkat fosfat tinggi juga mencegah penyerapan kalsium.
  • Makan makanan kaya vitamin D
    Selain mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, Anda juga harus mencoba untuk makan makanan yang kaya vitamin D. Beberapa makanan vitamin D antara lain keju, hati, telur, mentega, margarin, udang dan tiram. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin D, tentu dengan resep dokter Anda.
  • Berjemur
    Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan mengatur kalsium dalam darah. Anda harus mendapatkan antara 200 IU (international units) dan 400 IU vitamin D per hari. Tubuh Anda mensintesis vitamin D saat terkena sinar matahari. Jadi, tidak perlu takut dengan sinar matahari pagi karena baik untuk kesehatan tubuh Anda.
  • Makan makanan kaya kalsium
    Untuk meningkatkan asupan kalsium Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan kaya kalsium lebih dalam menu makan Anda. Beberapa makanan yang mengandung banyak kalsium antara lain: produk susu seperti yoghurt dan keju, sereal, jus jeruk, sarden, dan lain-lain.