Cara untuk Hamil dengan Mengenali Masa Subur

DokterSehat.Com – Hamil atau tidak, semua tinggal waktu yang menjawab. Anda ingin memastikan kondisi yang benar untuk sel telur dan sperma. Siklus menstruasi Anda dapat memberikan petunjuk tentang kapan tubuh Anda siap untuk memulai proses pembuahan.

doktesehat-tes-kehamilan-test-pack

Langkah pertama adalah untuk belajar hari-hari ketika Anda paling subur. Kebanyakan wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari. Itu berarti Anda memiliki sekitar 6 hari setiap bulan ketika Anda bisa hamil. Periode 6 hari tersebut memiliki salah 1 hari ektika ovarium Anda mengeluarkan sel telur, yang disebut ovulasi, dan 5 hari sebelum sel telur keluar. Berhubungan seks dalam jendela 6 hari terseubt merupakan kunci.

Untuk mengetahuinya, Anda harus memetakan siklus menstruasi Anda dan merekam berapa lama siklus menstruasi Anda terjadi. Hari 1 adalah hari pertama haid Anda. Karena panjang siklus Anda dapat sedikit berbeda dari bulan ke bulan, yang terbaik untuk melacak selama beberapa bulan terakhir.

Setelah Anda memiliki rata-rata, kurangi 18 hari dari lamanya siklus terpendek. Ini adalah hari pertama Anda mungkin subur. Selanjutnya, kurangi 11 hari dari panjang siklus terpanjang Anda. Ini adalah hari terakhir dari masa subur Anda. Berhubungan seks antara dua tanggal tersebut akan memberikan tembakan terbaik untuk hamil.

Rasakan tubuh Anda
Ide yang baik untuk memperhatikan tanda-tanda bahwa tubuh Anda siap untuk berovulasi.

Suhu tubuh basal (Basal Body Temperature/ BBT): Ini adalah suhu tubuh pertama Anda di pagi hari. Segera setelah Anda berovulasi, suhu naik sedikit – kadang-kadang kurang dari satu derajat – dan tetap tinggi sampai periode menstruasi Anda. Jika Anda merekam suhu Anda setiap hari, Anda bisa melihat perubahan halus yang berarti salah satu ovarium Anda telah merilis telur.

Cara untuk mengukur BBT Anda:

  • Gunakan termometer basal tubuh. Mereka lebih sensitif daripada termometer standar dan akan menunjukkan penurunan suhu meskipun sedikit. Anda bisa mendapatkannya di banyak apotek dengan harga sekitar 30 ribu rupiah.
  • Ambil suhu Anda pada waktu yang sama setiap pagi, selalu sebelum Anda keluar dari tempat tidur. (Untuk memudahkan, letakkan termometer di meja Anda.) Bahkan bangun untuk pergi ke kamar mandi saja dapat mempengaruhi suhu tubuh Anda, apalagi minum minuman beralkohol, atau tidur malam yang buruk.
Baca Juga:  Anorexia Nervosa dan Obsesi Ingin Kurus

Ingat, BBT Anda tidak akan memberitahu Anda persis ketika Anda sudah berovulasi, dan mungkin diperlukan beberapa bulan sebelum Anda mulai melihat pola Anda. Kemungkinan besar untuk hamil 2 atau 3 hari sebelum ovarium Anda melepaskan telur, dan kemudian lain 12 sampai 24 jam setelah itu. Ketika suhu Anda telah meningkat selama 3 hari, peluang Anda untuk hamil sudah sedikit.

Lendir serviks: Hormon-hormon yang sama yang mengontrol siklus menstruasi Anda juga mempengaruhi lendir yang leher rahim Anda produksi. Tepat sebelum dan selama ovulasi, jumlah, warna, dan tekstur perubahan lendir membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk hamil.

Sebagai ovarium mempersiapkan diri untuk melepaskan telur, leher rahim Anda membuat lebih banyak lendir. Beberapa hari sebelum ovulasi, lendir dapat lengket dan keruh atau berwarna keputihan. Kemudian, tepat sebelum Anda berovulasi, lendir licin, seperti putih telur yang dapat ditarik memanjang tanpa putus ketika jari-jari Anda dilebarkan. Tahap ini biasanya berlangsung 3 atau 4 hari, di mana ketika sperma ditembakkan, kehamilan kemungkinan besar dapat terjadi.

Bagaimana memeriksa lendir serviks Anda:

  • Gunakan jari Anda untuk memeriksa lendir vagina beberapa kali sehari. (Pastikan tangan Anda bersih sebelum Anda memulai.) Tuliskan kondisinya: apakah itu lengket dan putih atau bening dan licin.
  • Buat bagan perubahan lendir serviks dan suhu tubuh basal Anda untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang di mana Anda berada dalam masa subur.
  • Perlu diingat bahwa hal-hal lain, seperti menyusui atau menggunakan douche atau produk kesehatan lainnya, dapat mengubah lendir. Ginekolog biasanya tidak merekomendasikan produk ini.