Cara Unik Yang Bisa Anda Lakukan Saat Cemas Dan Stres

DokterSehat.Com – Kecemasan adalah perasaan takut akan sesuatu yang sebenarnya sangatlah wajar bila anda merasakannya, penyebab dari rasa cemas sendiri terkadang bisa dipicu dari rasa stres yang menyebabkan pikiran mennjadi bingung.



Saat mendengar kata stres, mungkin Anda langsung membayangkan teknik terapi atau relaksasi mahal untuk mengatasinya. Namun sesungguhnya, manusia diciptakan dengan kemampuan unik untuk mengurangi kecemasan dirinya maupun orang lain.

Banyak orang yang menggunakan cara non medis untuk membantu mengurangi stres yang mereka alami, cara ini merupakan cara mandiri ataupun cara alami yang sangat berfungsi meredakan ketakutan dan menenangkan ketegangan secara fisik maupun psikis.

Berikut caranya :

  • Menarik nafas dalam-dalam
    Ini adalah sebuah teknik klasik yang digunakan untuk mengatur pernafasan kita. Dengan cara ini, Anda bisa mengatur degup jantung yang berpacu akibat Anda terlalu kaget, shock marah dan sebagainya. Setelah menarik nafas dalam-dalam, Anda bisa menghembuskannya perlahan. mengeluarkan CO2 dengan cara ini bisa membantu Anda mengeluarkan racun dari paru-paru. Baiknya cara seperti ini dilakukan di udara segar pagi hari.
  • Berpelukan
    Seperti pelukan seorang ibu saat bayinya lahir, kekuatan dekapan memang bisa menenangkan dan membuat kita merasa nyaman. Biasanya hal ini dilakukan ketika ketegangan yang dialami bersifat emosional atau mengandung sensitivitas tinggi dalam masalah perasaan. Pelukan yang sedikit lebih lama bisa menguatkan seseorang. Tidak hanya bagi pasangan Anda, mungkin bagi sahabat atau keluarga Anda.
  • Berciuman
    Hal ini memang banyak dilakukan oleh pasangan suami istri atau ibu dan anak untuk saling mensupport satu sama lain. Sesuatu yang berhubungan dengan cinta dan kasih sayang, bisa meningkatkan hormon bahagia di dalam diri seseorang.
  • Tidur di kegelapan
    Selain meredakan stres, tidur di tempat yang gelap dan jauh dari kebisingan dan keramaian bisa meredakan rasa sakit. Ini merupakan salah satu cara unik yang dilakukan seseorang, terutama pada orang yang tak terbiasa mengonsumsi obat-obatan.
Baca Juga:  Alami 5 gejala ini? Segera cek kesehatan mental!

Kunci dari relaksasi adalah membuang toksin yang ada pada tubuh, baik itu karena Anda merasa sakit pada tubuh, stres atau perasaan yang dipenuhi pikiran negatif. Selain keempat cara unik di atas. Anda bisa menggunakan beberapa cara yang lebih lumrah seperti minum teh, olahraga, atau massage.