Cara Unik Mengatasi Sembelit, Makan atau Minum yang Hangat

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sebenarnya cukup mengganggu adalah sembelit atau susah buang air besar. Tak hanya membuat perut tidak nyaman, sembelit juga kurang baik bagi kesehatan karena menumpuknya kotoran di dalam tubuh yang tidak segera dikeluarkan. Bahkan, pakar kesehatan Satish Rao, MD yang berasal dari Digestive Health Center, Augusta University, menyebutkan bahwa kerap mengalami sembelit beresiko meningkatkan beberapa gangguan pencernaan.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sembelit. Ada yang memilih untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi yang diharapkan melancarkan pencernaan, ada pula yang justru memilih untuk meminum obat pencahar. Yang menjadi masalah adalah, obat pencahar jika kerap dikonsumsi bisa mengganggu sistem pencernaan dan memicu masalah seperti mual-mual, kram perut, dehidrasi, atau bahkan terganggunya fungsi ginjal kita.

Untungnya, ada cara unik namun diklaim cukup efektif untuk mengatasi sembelit, yakni dengan mengkonsumsi makanan atau minuman hangat layaknya kopi, teh, hingga susu. Jika kita rutin mengkonsumsinya, maka saluran pencernaan akan terasa lebih nyaman dan sehat. Khusus untuk kopi, minuman ini memang bisa memberikan efek pencahar sehingga akan memudahkan buang air besar. Hanya saja, jangan mengkonsumsinya dengan berlebihan karena bisa memberikan efek samping bagi tubuh seperti denyut jantung yang meningkat dan lain sebagainya.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah susah buang air besar adalah dengan berolahraga, mengkonsumsi air putih dengan cukup, dan memastikan waktu istirahat kita cukup. Khusus untuk air putih, banyak orang yang tidak menyadari pentingnya konsumsi air putih bagi kesehatan saluran pencernaan. Jika sampai jarang minum, maka resiko untuk terkena sembelit juga meningkat.