Cara Tubuh Kembali Langsing Setelah Melahirkan

DokterSehat.Com – Masa kehamilan adalah masa dimana wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang sangat signifikan. Memang, ukuran perut akan mengalami perubahan paling besar karena adanya janin di dalam rahim. Namun, bagian tubuh lain juga cenderung lebih gemuk dari biasanya karena konsumsi makanan yang jauh lebih banyak. Tubuh yang cenderung lebih gemuk kadang kala akan tetap bertahan hingga setelah proses kelahiran sehingga banyak wanita yang khawatir tidak bisa mendapatkan bentuk tubuhnya kembali layaknya sebelum masa kehamilan. Apa saja yang bisa dilakukan ibu yang ingin langsing kembali setelah melahirkan?

doktersehat-senam-hamil

Banyak ibu  yang rela melakukan diet ketat demi mendapati berat badannya turun dengan signifikan. Padahal, diet ketat bisa mempengaruhi produksi ASI yang sangat penting bagi bayi yang baru dilahirkan. Kita harus bersabar dan tidak terburu-buru harus menurunkan berat badan dengan cepat. Selain dengan melakukan olahraga yang rutin, melakukan pola makan yang lebih sehat ternyata bisa membuat berat badan menurun secara signifikan. Ingat, karena ASI membutuhkan banyak asupan nutrisi dan gizi, kit tentu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi namun tidak membuat kandungan lemak dalam tubuh bertambah. Gunakan pola makan yang sehat dengan banyak memakan makanan layaknya sayuran, ikan, buah-buahan, hingga daging yang bebas lemak. Hindari juga makanan tidak sehat layaknya gorengan yang bisa membuat tumpukan lemak menjadi lebih banyak. Selain makanan, pastikan pula kita meminum air setidaknya 8 gelas per hari agar kebutuhan cairan tubuh tetap tercukupi.

Jangan korbankan anak anda dengan memberikan buah hati susu formula alih-alih ASI yang kaya gizi. Menyusui ternyata bisa menjadi trik tersendiri agar tubuh anda menjadi lebih ramping. Aktifitas menyusui dalam sehari ternyata mampu membakar jumlah kalori yang sama jika kita berolahraga sepeda sekitar 1 jam. Berat badan kita pun akan jauh menurun sekaligus tetap mampu menjaga kesehatan bayi dengan asupan penuh gizi.

Baca Juga:  Bawang Sebrang - Pengobatan Alternatif

Kunci menurunkan berat badan bagi ibu yang baru melahirkan adalah dengan banyak melakukan aktifitas yang sehat. Aktifitas ini juga bisa dilakukan dengan cara merawat bayi layaknya mengganti popok atau bahkan menggendong sang bayi hingga tertidur pulas. Kegiatan-kegiatan tersebut sebenarnya sangat berat untuk dilakukan karena bisa berlangsung dengan cukup lama. Hanya saja, setelah anda mengalami penurunan jumlah lemak anda tentu akan merasa lebih nyaman dengan tubuh anda, bukan?