7 Cara Termudah Tingkatkan Libido pada Pria

doktersehat andropose

DokterSehat.Com – Dalam kehidupan seks pria, masalah terbesar selain kemampuan ereksi yang anjlok dan mudah letoi di ranjang adalah libido atau gairah seksual. Kalau libido mengalami penurunan yang cukup signifikan, pria akan susah sekali memiliki mood untuk bercinta. Bahkan, ada kemungkinan seks yang dilakukan tidak berjalan lancar dan menemui banyak kesulitan.

Libido yang terus menurun bisa berakibat banyak pada pria. Mereka bisa mengalami penurunan kualitas dan kuantitas seks. Kemungkinan besar pria juga jadi mudah sakit karena daya tahan tubuhnya menurut. Masalah lanjutan dari turunnya libido adalah disfungsi seksual yang bisa merusak segalanya termasuk hubungan dengan pasangan.

Kalau Anda tidak ingin mengalami gangguan pada libido, coba lakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

  1. Kontrol testosteron

Kondisi testosteron dalam tubuh memengaruhi naik atau turunnya libido pada pria. Saat kadar hormon ini menurun, pria akan malas bercinta. Mood untuk melakukan ini hilang begitu saja. Selanjutnya saat kadar testosteron tinggi atau stabil, libido akan mengalami kenaikan sehingga pria selalu semangat untuk bercinta dengan pasangan.

Cara terbaik untuk meningkatkan testosteron bisa dilakukan dengan memperbanyak zinc atau seng di dalam tubuh. Pria bisa mengonsumsi beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi 1-2 genggaman tangan. Selanjutnya aneka jenis makanan laut juga bermanfaat untuk meningkatkan libido dengan cepat.

  1. Lakukan olahraga aerobik

Olahraga aerobik juga bermanfaat untuk pria agar kadar testosteron dalam tubuh tidak anjlok. Olahraga ini bisa dilakukan dengan jalan kaki atau lari selama 20-30 menit seminggu  3-4 kali. Kalau pria rutin melakukan olahraga ini peredaran darah ke seluruh tubuh akan berjalan dengan lancar dan kemampuan seksnya naik.

  1. Jauhi alkohol dan rokok

Bagi beberapa pria alkohol dan rokok cukup susah dihindari karena sudah menjadi bagian gaya hidupnya. Meski dua hal ini bisa menurunkan kemampuan bercinta khususnya libido yang turun, pria kerap mengonsumsinya secara rutin.

Efek dari rokok dan alkohol mungkin tidak terlihat secara langsung. Namun, ada kemungkinan efek ini jadi permanen tidak hanya ke masalah libido saja, tapi juga ke masalah disfungsi seksual yang jauh lebih parah. Jadi, lebih baik kurangi perlahan-lahan dan jauhi agar libido dan kemampuan seksual tetap terjaga.

  1. Hindari stres

Salah satu penyebab utama penurunan kualitas seks adalah stres yang sangat mengganggu. Stres akan menekan pria cukup besar sehingga kebutuhan seks kerap terganggu. Selain itu, pria yang sudah mengalami stres biasanya malah melakukan apa pun karena merasa tidak bergairah dan hanya ingin beristirahat.

  1. Konsumsi makanan peningkat libido

Konsumsi makanan yang bisa meningkatkan libido dengan cepat. Makan ini terdiri dari pisang, cokelat, dan aneka daging berlemak rendah. Mengonsumsi makanan ini secara rutin bisa meningkatkan libido dan kemampuan seksual secara masif.

  1. Persiapan seks dengan matang

Persiapkan seks dengan matang bersama pasangan. Misal mengambil akhir pekan tanpa ada lembur yang menyiksa. Kalau Anda merencanakan seks dengan baik kemungkinan terjadi kenaikan libido bisa lebih besar. Mood untuk melakukan seks sudah terbangun dan Anda tinggal merealisasikannya.

  1. Latih kemampuan seks

Penurunan minat bercinta yang terjadi pada pria biasanya dipicu juga dengan gangguan penis seperti mudah ejakulasi atau alami disfungsi ereksi. Agar dua hal ini tidak mengganggu latih kemampuan seks dengan senam kegel atau melatih teknik edging.

Semoga ulasan di atas bisa memberikan manfaat yang besar untuk Anda agar libido tetap bisa dipertahankan.