Cara Tidur Nyenyak untuk Wanita Hamil

DokterSehat.Com – Hamil memang membahagiakan. Namun, perubahan yang terjadi pada tubuh juga merepotkan. Wanita mengalami morning sickness, masalah pencernaan, perubahan hormon, sampai susah tidur karena perut besar.

8

Menemukan posisi berbaring tidak mudah. Tidak nyaman jika semalaman bertahan di posisi yang sama. Padahal, wanita hamil butuh istirahat cukup. Mengutip Boldsky, berikut cara tidur nyaman bagi wanita hamil.

Berikut merupakan cara tidur nyaman bagi wanita hamil supaya mereka bisa beristirahat dengan nyaman :

  1. Tenangkan janin
    Cobalah membuat rutinitas sebelum tidur untuk menenagkan diri dan janin yang ada dalam perut bunda, caranya sangat mudah, bunda tinggal sediakan lingkungan yang tenang atau bund ajuga bisa usap-usap lembut perut bunda yang membuncit. Selain itu bunda juga bisa melakukan meditasi ringan sebelum tidur untukmembuat janin dan bunda senidri merasa lebih santai dan nyaman.
  1. Waktu rutin
    Walaupun memang merasa kurang nyaman dengan kondisi bunda sekarang ini, tapi sebisa mungkin bunda harus merutinkan waktu tidur bunda. Dengan begitu, maka tubuh bunda akan terbiasa mempunyai jam biologis khusus untuk tidur. Kalau memang sudah waktunya, maka secara otomatis tubuh akan memberi sinyal untuk beristirahat dan akibatnya tidur bunda juga akan lebih nyenyak.
  1. Buang air
    Bunda harus mengerti bahwa kondisi hamil ini akan membuat bunda sering ke toilet untuk buang air kecil, hal tersebut karena kondisi janin yang semakin membesar sehingga akan menekan saluran kencing bunda yang menyebabkan bunda akan selalu atau sering merasa kebelet pipis. Untuk itu sebelum tidur bunda harus memastikan kandung kemih bunda sudah kosong sehingga bunda tidak harus diganggu dengan acara bolak balik ke kamar kecil di tengah waktu istirahat bunda.
  1. Tenangkan kamar
    Sebenarnya bukan hanya tenang dari kesibukan dan kebisingan saja yang harus bunda ciptakan, tapi bunda juga harus membebaskan juga kamar tidur dari benda-benda elektronik yang bisa mengganggu lelapnya tidur bunda, misalnya saja seperti ponsel atau komputer tablet yang akan memberikan notifikasi ketika ada pesan atau hal lainnya.