Cara Tetap Kenyang Saat Diet

DokterSehat.com – Rasa lapar disebabkan oleh tiga hal yakni, lambung yang kosong, menurunnya gula darah dalam tubuh, dan aroma makanan. Otak memerlukan waktu selama 20 menit untuk menerima pesan bahwa perut sedang lapar dan kenyang.



Untuk mengetahui lapar atau tidaknya Anda sebaiknya minum beberapa gelas air sebelum mulai makan, karena tubuh yang dehidrasi juga bisa memicu rasa lapar. Cara ini dapat menghindarkan Anda makan dengan porsi besar.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang bisa membuat perut lebih lama merasa kenyang. Jadi, Anda bisa terhindar dari risiko kegemukan akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan kaya kalori dan lemak. Berikut  ini 4 nutrisi penting yang dapat membantu Anda kenyang lebih lama :

1. Protein
Ternyata protein lebih mengenyangkan ketimbang lemak maupun karbohidrat. Untuk itu, Anda bisa memasukan makanan kaya protein seperti telur, ikan, susu, atau yoghurt ke dalam menu makanan Anda.

2. Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks mengandung molekul gula yang kompleks dan dicerna lebih lama. Sehingga tubuh bisa menyimpan energi lebih lama. Karbohidrat kompleks juga mampu mengontrol emosi dan nafsu makan. Sumber karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan pada olahan gandum, beras merah, dan ubi.

3. Lemak Baik
Meski sedang melakukan diet, tapi sebenarnya tubuh tetap membutuhkan makanan yang mengandung lemak baik. Karena tubuh akan merangsang hormon yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Sumber lemak sehat bisa diperoleh dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan.

4. Tambahkan Serat
Makanan kaya serat seperti sayuran, sereal, dan buah-buahan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Selain itu, makanan ini juga dapat memperbaiki kesehatan pencernaan saat sedang diet. Tambahkan sayur dan buah-buahan dalam menu diet Anda untuk mendapatkan manfaat nutrisi pentingnya.

Baca Juga:  Microwave Picu Kanker dan Kemandulan?

Menjaga perut tetap kenyang saat diet tidak akan membuat Anda gemuk. Pastikan makanan yang akan Anda konsumsi mengandung nutrisi penting yang dapat membuat perut kenyang lebih lama.