Cara Terbaru Untuk Mencegah Batu Ginjal Berulang

DokterSehat.Com – Sakit batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan saluran air di kandung kemih. Sakit batu ginjal terdiri akibat adanya kristalisasi unsur-unsur tertentu dalam saluran kandung kemih akibat senyawa kimia yang berkumpul didalam ginjal maupun saluran kandung kemih.



Sakt batu ginjal sering menderita pada pria dibanding dengan wanita. Berdasarkan penelitian yang diperoleh bahwa penyakit batu ginjal berkaitan erat dengan obstruksi saluran kemih pada pria.

Cara pencegahannya

Meminum banyak cairan yang cukup untuk menghasilkan 2 liter urin setiap hari bisa menurunkan kekambuhan batu ginjal hingga sebesar 50%, menurut pedoman baru dari American College of Physicians. Pedoman tersebut dikeluarkan dari hasil  penelaahan berbagai publikasi ilmiah mengenai batu ginjal, yang ditulis dari tahun 1948 – 2014.

Rekomendasi lainnya adalah mengurangi makanan yang mengandung oksalat, yang merupakan unsur utama pembentuk batu ginjal. Makanan tersebut termasuk bit, rhubarb, bayam, stroberi, kacang-kacangan, cokelat, teh dan dedak gandum. Selain itu, hindarilah minuman bersoda  (khususnya cola, yang diasamkan dengan asam fosfat). Ada hubungan yang kuat antara konsumsi minuman bersoda dan batu ginjal.

Pencegahan batu ginjal berulang dapat dibantu dengan obat-obatan yang mengurangi produksi zat yang kemudian disimpan di ginjal atau merangsang produksi urin untuk membuangnya, seperti allopurinol, sitrat, dan diuretik thiazide.

Batu ginjal adalah hasil dari kristalisasi urin yang dapat terbentuk di ginjal, pelvis ginjal dan saluran kemih. Batu ginjal yang berada di ureter dapat menyebabkan sakit parah kram, mual dan muntah. Pria lebih berisiko dua kali lebih tinggi untuk memiliki batu ginjal dibandingkan wanita.