Cara Terbaik Mencegah Varises Pada Kaki

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu penampilan adalah varises. Bagaimana tidak, penyakit yang bisa menyebabkan pembuluh darah vena menonjol pada permukaan kulit kaki, khususnya pada bagian betis ini bisa membuat kaki menjadi tidak lagi mulus. Bagi kaum wanita yang kadang memakai rok pendek, adanya varises tentu akan menjadi bencana karena membuat tampilan kaki mereka menjadi tidak cantik kembali.

doktersehat-varises

Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah varises ini diduga karena adanya pelemahan pada katup vena. Selain itu, adanya fluktuasi hormon, khususnya saat wanita sedang hamil, juga bisa memicu masalah varises ini. Fase kehamilan memang bisa membuat peningkatan volume darah pada tubuh untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Sayangnya, hal ini juga bisa memicu munculnya varises. Beruntung, kita sebenarnya bisa mencegah munculnya varises dengan cara melakukan hal-hal berikut.

Melakukan olahraga
Pakar kesehatan menyebutkan jika olahraga dengan teratur adalah cara paling efektif pertama yang bisa kita lakukan untuk mencegah varises. Bagaimana tidak, olahraga bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik sehingga menurunkan resiko munculnya varises. Kita bisa melenturkan kaki dengan gerakan naik dan turun dan disertai dengan gerakan memutar pada pergelangan kaki setiap dua kali sehari untuk mencegah munculnya varises. Selain itu berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi setidaknya 10 menit setiap hari.

Menghindari hal-hal berikut
Tidak ingin terkena varises, maka jagalah berat badan agar tidak berrlebihan. Selain itu, cobalah untuk menghindari posisi berdiri atau duduk yang terlalu lama, apalagi dengan kaki yang disilangkan. Pakaian yang ketat juga sangat tidak disarankan karena berpengaruh pada sirkulasi darah.

Meminum suplemen vitamin E
Pakar kesehatan menyebutkan jika suplemen vitamin E dan juga bawang putih akan memperbaik sirkulasi darah. Selain itu, vitamin B dan vitamin C akan membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat dan mencegah munculnya varises. Selain itu, konsumsi pula makanan yang kaya kalsium yang bisa mencegah peradangan pada pembuluh darah.