Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal

Doktersehat.com – Ginjal memiliki peran penting bagi tubuh. Supaya dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan ginjal Anda.



Menurut Dr Ravi, kerusakan ginjal bisa disebabkan kelebihan asupan garam dan tekanan darah yang tidak terkontrol. Untuk menjaga kondisi kesehatan ginjal, Anda disarankan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Kurangi konsumsi makanan cepat saji karena kadar garamnya tinggi.

2. Hindari asupan garam dan makanan berlemak terlalu banyak.

3. Hindari konsumsi protein tinggi dalam bentuk suplemen protein.

4. Jangan mengonsumsi obat warungan dan obat penghilang rasa sakit jika tidak diperlukan.

5. Minum 2-3 liter air tiap hari untuk membantu mengurangi timbunan zat-zat berbahaya di ginjal yang nantinya dikeluarkan melalui urine.

Bagi Anda yang sudah memiliki masalah dengan ginjal, sebaiknya lakukan terapi diet. Anda juga harus lebih berhati-hati karena kemampuan ginjal dalam menyeimbangkan bahan kimia di dalam tubuh mulai berkurang.

Sebaiknya perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebab akan diserap dalam tubuh dan tentu saja membutuhkan bantuan ginjal.

Makanan yang membahayakan ginjal, seperti makanan olahan yang disertai bahan tambahan lainnya bisa merusak ginjal Anda. Sayuran dan makanan alami lainnya lebih aman bila dikonsumsi secara rutin.

Dalam kegiatan sehari-hari fungsi ginjal yang terpakai hanya 25 persen walaupun sebenarnya dua ginjal yang Anda miliki mampu berfungsi 100 persen. Apabila fungsi ginjal tinggal 15 persen atau kurang seseorang baru akan merasakan sakit.

Agar ginjal dapat terus bekerja dengan optimal tak ada salahnya Anda menjaga makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

Sumber: detik.com