Cara Tepat Menjaga Kebersihan Miss V

DokterSehat.Com – Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V, seorang wanita bisa terhindari dari penyakit menular seksual. Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah kebiasaan baik tersebut juga bisa membuat kegiatan di atas ranjang jadi semakin memuaskan.



Sayangnya, tidak banyak wanita yang mengetahui bagaimana caranya menjaga kesehatan Miss V. yang benar. Untuk itu, tips berikut ini dapat membantu Anda :

  • Perawatan saat menstruasi
    Tubuh seorang wanita sudah diprogram untuk mempersiapkan kebutuhan saat menstruasi sendiri termasuk membersihkan liang miss V setelah selesai menstruasi. Beberapa wanita menggunakan semprotan air untuk membersihkan liang miss V setelah menstruasi. Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan karena aliran air yang keras dalam miss V akan membuat bakteri masuk ke dalam saluran reproduksi.

    Gunakan produk pembalut atau tampon yang tidak berpewangi untuk menghindari terjadinya iritasi. Sebaiknya jangan gunakan pantyliner setiap hari agar miss V dapat bernafas.

  • Pemilihan pakaian dalam
    Karena miss V memproduksi cairan sendiri dan memiliki keadaan yang lembab, gunakan pakaian dalam yang mendukung terjadinya pertukaran udara. Jika tidak ada aliran udara, bakteri dan jamur akan tumbuh di dalamnya. Ini merupakan penyebab umum dari terjadinya infeksi jamur pada vagina.

    Gunakan bahan yang terbuat dari katun dan hindari menggunakan bahan spandek ketat atau bahan kulit untuk celana Anda. Ganti pakaian Anda setelah melakukan olahraga atau setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan keringat.