Cara Tepat Memilih Baju Saat Haid

DokterSehat.Com – Sudah jadi rahasia umum, kebanyakan wanita mengalami kekhawatiran akan bocor pada periode merahnya. Ketakutan ini jadi membatasi ruang gerak untuk tampil aktif dan percaya diri. Untuk membuat Anda nyaman dalam masa datang bulan, ada beberapa pilihan baju yang nyaman dipakai dan menghindarkan risiko tampil bocor serta mengganggu kesehatan kewanitaan Anda.



  • Celana longgar
    Daripada memakai skinny jeans, lebih baik jatuhkan pilihanmu untuk pakai celana longgar seperti harem pants ketika sedang haid. Mengapa? Bahan yang berat pada skinny jeans sulit membuatmu aktif bergerak dan cenderung ketat. Celana ketat nggak baik untuk kesehatan organ intim wanita lho, Toppers. Celana yang kesempitan seperti ini bisa menekan area V dan pinggul sehingga bisa memperburuk rasa nyeri dan kram perut. Nggak cuma itu, untuk pemakaian jangka panjang, skinny jeans bisa memicu timbulnya masalah pada area kewanitaan seperti infeksi jamur dan ruam.

    Selain harem pants, kamu juga bisa pakai baggy pants atau celana apapun yang nggak ketat dan memberimu ruang untuk bergerak. Istirahatkan skinny jeans favoritmu saat haid dan beralihlah pada celana longgar. Tanpa skinny jeans, kamu tetap bisa tampil trendi dan gaya, lho. Contek deh gaya berbusana selebritis Hollywood yang sedang memakai harem atau baggy pants sebagai inspirasi.

  • Jeans legging
    Buat kamu yang suka celana dengan fungsi aerodinamis, jeans legging adalah pengganti tepat dari skinny jeans. Meski jeans, si jegging (jeans legging) mempunyai bahan yang lebih ringan dan lentur sehingga nggak terlalu menghimpit perut dan bagian kewanitaanmu. Nah, untuk menutupi bagian pantat yang menonjol, kamu bisa padukan dengan dress mini atau blus dengan panjang sampai di bawah pantat. Permanis tampilanmu dengan ikat pinggang kecil dan flat shoes.
  • Oversized cardigan
    Kardigan lengan panjang dengan ukuran esktra longgar nyaman sekali dipakai lho,Toppers. Apalagi kalau perut sedang nggak akur karena saking nyerinya. Kancingkan sampai bawah hingga menutupi bagian bawah tubuhmu. Meski cuaca sedang panas, pakaian berajut ini nggak akan membuatmu kegerahan karena bisa dipakai di segala cuaca. Terlebih, kardigan adalah busana wajib bagi setiap wanita dan mudah untuk dipadupadankan dengan segala busana.
  • Rok maxi
    Rok lebar berbahan ringan berbentuk payung baik sekali untuk menutupi seluruh kakimu. Pinggang karetnya juga nggak akan membuat perut semakin terhimpit. Kamu bebas bergerak dan nggak ada bagian sempit yang membuat daerah kewanitaanmu terjepit dengan sempit. Kamu bisa bergaya dengan rok maxi ala bohemian. Padukan dengan baju atasan sabrina dan sandal yang modis untuk melengkapi gayamu yang fashionable sekaligus nyaman saat haid.
  • Mini drees
    Si pemilik gaya girly, pilihan dress dengan atau tanpa pinggang karet bisa dijadikan pakaian yang sangat nyaman ketika haid. Dress model babydoll tepat banget nih dijadikan pilihan. Bagian bawah dress yang longgar nggak akan menampilkan garis cetakan yang nggak diinginkan dari bagian pantat. Selain itu, baju seperti ini membuatmu jadi lebih feminim. Padukan dress ini dengan flat shoes untuk tampilan yang super nyaman di tanggal merahmu.
  • Chiffon blouse
    Model blouse berbahan chiffon biasanya longgar dan sangat nyaman dipakai. Kamu nggak perlu merasa kesempitan atau kegerahan karena bahannya yang sangat ringan dan jatuh. Ingat ya Toppers, karena bahannya menerawang, kamu harus pakai dalaman seperti tank top untuk menutupi bagian dalam tubuhmu. Pilih juga tank top yang nggak ketat supaya perutmu nggak semakin terhimpit dan memperburuk nyeri perut saat menstruasi.