Cara Senam Kegel yang Benar agar Ereksi Lebih Lama

senam kegel doktersehat
photo credit: healthdoc.wordpress.com

DokterSehat.Com – Salah satu gangguan yang kerap dialami oleh pria dewasa yang aktif secara seksual adalah masalah ereksi. Karena masalah tertentu, pria jadi tidak bisa mempertahankan ereksinya dengan lema. Dampaknya, penetrasi tidak bisa dilakukan atau saat penetrasi penis jadi lemas padahal belum orgasme.

Untuk mengatasi masalah ereksi atau disfungsi ereksi, pria bisa melakukan serangkaian terapi atau pengobatan. Selain itu, mereka juga bisa menerapkan senam kegel yang manfaatnya sudah terbukti dan tidak memberikan efek samping.

Cara melakukan senam kegel yang benar

Kalau Anda merasa ada gangguan pada penis khususnya kualitas dari ereksi, coba ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk melakukan senam kegel.

  • Kegel bisa dilakukan sambil duduk, berdiri, atau berbaring. Pilih posisi yang membuat Anda nyaman.
  • Cari otot panggul bagian bawah. Untuk mencarinya, coba hentikan atau tahan kencing. Otot yang bekerja untuk menahan aliran urine itulah yang akan dilatih.
  • Latih otot itu untuk berkontraksi dan relaksasi selama 10 detik. Dalam satu sesi, coba akukan sebanyak 4-5 kali. Latihan senam ini berkali-kali agar terbiasa.
  • Kencangkan otot dasar panggul saat melakukan senam agar hasil yang didapatkan maksimal.
  • Lakukan teknik pernapasan pada perut untuk memperlancar gerakan.
  • Kalau sudah terbiasa dengan gerakan dia tas, lakukan kegel sebanyak 10 repetisi dengan jumlah set 3.

Senam kegel tidak cocok untuk semua orang

Senam kegel bukan satu-satunya cara untuk menyembuhkan disfungsi ereksi. Cara ini harus digabungkan dengan metode lain agar hasilnya maksimal. Selanjutnya, senam ini tidak bisa dilakukan saat Anda ingin buang air kecil karena bisa mengganggu kinerja kandung kemih.

Lebih lanjut, beberapa pria kerap alami sakit pada perut bagian bawah kalau melakukan kegel. Oleh karena itu, sebelum melakukan senam kegel konsultasikan dulu dengan dokter.