Cara Sehat Mengkonsumsi Roti

DokterSehat.Com – Roti adalah salah satu pengganti nasi yang bisa membuat kita merasa kenyang sekaligus mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan banyak aktifitas sehari-hari. Sayangnya, roti biasanya akan kurang nikmat jika tidak dilapisi dengan tambahan layaknya cokelat atau bahkan selai rasa buah-buahan. Meskipun terasa enak, perpaduan roti dengan selai-selai tersebut ternyata bisa membuat roti memiliki kandungan gula dan kalori yang sangat tinggi sehingga akan kurang baik untuk kesehatan tubuh. Apakah ada cara untuk tetap bisa menikmati roti namun tetap sehat bagi tubuh?

doktersehat-makan-pancake

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah ada! Alih-alih mengkonsumsi selai rasa buah atau cokelat yang cenderung manis, mengapa kita tidak meletakkan makanan yang cenderung gurih sebagai teman roti kita. Telur goreng, daging dada ayam, irisan tomat, hingga krim keju rendah lemak akan menjadi pilihan yang menarik jika menjadi teman santapan roti kita, khususnya untuk sarapan pagi. Kita bisa membuat sandwich dengan isi makanan-makanan gurih di atas dan mendapatkan kandungan yang kaya akan protein dan lemak sehat.

Cobalah untuk memberikan kacang sebagai teman makanan roti anda. Kacang disini bukanlah selai kacang yang biasanya tersedia di toko-toko atau swalayan terdekat. Kacang bisa kita hancurkan dan tempatkan pada roti anda. Paduan roti dan kacang yang dipanggang ternyata bisa memberikan rasa enak sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association bahkan menyebutkan jika konsumsi roti dan kacang setiap hari akan sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian ini juga menyebutkan jika resiko penyakit jantung akan menurun drastis dan juga kita bisa membuat gula darah menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga:  Selfie Memicu Banyak Orang Untuk Melakukan Operasi Plastik

Alih-alih membeli selai yang terkadang memiliki kandungan kimia atau bahan pengawet yang kurang sehat, kita bisa membuat selai buah sendiri dari buah-buahan layaknya nanas atau strawberry. Membuat selai buah sangatlah mudah mengingat kita bisa mengiris kecil-kecil buah-buahan tersebut dan kemudian memasaknya hingga mengental. Jika kita ingin menambahkan rasa manis, kita juga bisa mencampur sedikit gula. Setelah masak, selai bisa kita tempatkan pada lemari es sehingga bisa dipakai dalam beberapa hari. Selai buah buatan sendiri tentu akan jauh lebih sehat jika digunakan sebagai selai roti yang kita konsumsi setiap hari, khususnya setiap sarapan pagi.