Cara Sehat Mengkonsumsi Ikan

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika ikan adalah salah satu makanan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Berbeda dengan beberapa makanan hewani lain yang kadang kala memberikan efek samping bagi kesehatan, maka ikan yang dikenal kaya akan asam lemak omega 3 justru diyakini akan berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit berbahaya layaknya diabetes, peradangan, penyakit jantung, asma, hingga demensia. Untuk memastikan bahwa kita benar-benar bisa mendapatkan khasiat dari ikan, kita pun harus pandai-pandai menyajikan makanan ini dengan baik. Berikut adalah beberapa cara mengkonsumsi ikan yang diyakini akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

doktersehat-sarapan-keju-daging

Makanan yang dikukus telah dikenal luas sebagai makanan yang sehat. Hal yang sama berlaku jika kita mengkonsumsi ikan kukus. Pengukusan ternyata tidak akan membuat ikan kehilangan nutrisi baiknya. Jika kita mengkukus ikan dan ditambahkan dengan beberapa sayuran, maka lengkap sudah kandungan gizi yang kita konsumsi. Selain ikan kukus, kita juga bisa mengkonsumsi sup ikan yang lezat dan bergizi. Sup ikan sendiri sangat disarankan untuk dikonsumsi jika kita sedang sakit atau tidak enak badan karena akan membantu tubuh semakin sehat.

Beberapa jenis penyajian ikan lainnya yang sangat sehat adalah jika ikan kita jadikan sandwich. Perpaduan roti gandum, sayuran layaknya selada, dan juga ikan akan menjadi sarapan yang sangat sehat dan lezat. Selain itu, ikan yang dijadikan steak ternyata juga cukup sehat untuk dikonsumsi. Hanya saja, pastikan bahwa steak daging ikan dimasak dengan cara dipanggang alih-alih dibakar. Daging ikan yang dicampur dengan kari ternyata bisa memberikan dampak positif jika dikonsumsi. Kari biasanya kaya akan kunyit sehingga berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker usus dan pikun pada usia tua. Selain itu, cobalah untuk mencampur ikan dalam sajian salad yang kaya akan sayuran. Campuran salad dan ikan juga akan lebih nikmat jika ditemani dengan saus salad yang cenderung rendah kalori.