Cara Sederhana Namun Efektif Untuk Menjaga Payudara Tetap Sehat

DokterSehat.Com – Memiliki sepasang payudara yang sehat tak hanya menambah kecantikan wanita tapi juga menambah rasa percaya dirinya. oleh karena itu perlu menjaga kesehatan payudara jadi kewajiban setiap wanita di dunia.



Berikut beberapa hal yang bisa di lakukan dari sekarang untuk menjaga payudara sehat :

• Cek ke dokter
Jangan ragu memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan mamogram paling tidak tiga tahun sekali. Wanita dengan sejarah keluarga pernah mengalami kanker payudara harus lebih waspada. Bisa juga melakukan MRI atau sonogram.

• Makan sayur
Diet rendah lemak sangat bisa membantu menurunkan potensi serangan kanker payudara, apalagi jika diimbangi dengan asupan sayuran hijau yang bisa mencegah timbulnya sel abnormal dan berkembangnya sel -sel kanker.

• Hindari minuman alkohol
Peneliti menemukan bahwa dua gelas alkohol bisa meningkatkan potensi kanker payudara sebanyak 21 persen. Daripada minum wine yang juga mengandung alkohol, ganti dengan buah anggur segar. Antioksidan pada kulit anggur mampu menurunkan estrogen yang mana bisa menurunkan serangan kanker payudara.

• Berkeringat
Olahraga adalah cara termudah agar berkeringat. Membakar kalori selama kurang lebih 45 menit setiap hari mampu membantu mencegah penyakit dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi virus dan menurunkan hormon estrogen dan insulin, yang mana bisa jadi pemicu kanker payudara.

• Berat badan ideal
Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjaga berat badan yang sehat, ideal. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko serangan penyakit, tidak terkecuali kanker.

BACA JUGA : Balita , Penyakit dan Pengobatannya