Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Hati

DokterSehat.Com – Menjaga liver atau hati agar tetap sehat adalah hal yang mutlak kita lakukan. Sebab, liver adalah salah satu organ yang mempunyai peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita. Selain itu, jika liver mengalami kerusakan, maka secara otomatis sistem tubuh kita juga akan mengalami penurunan bahkan hingga kerusakan.



Tanpa liver, kita tidak akan mampu bertahan hidup karena fungsi utama liver/hati adalah menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan. Saat kita jatuh sakit, maka sudah tentu kita akan mengkonsumsi obat-obatan yang bakal melewati liver terlebih dahulu sebelum melalui pembuluh darah.

Makanan yang mengandung bahan kimia dan zat-zat asing otomatis akan tersaring di liver. Ketika liver kita tak lagi mampu menampung zat-zat kimia tersebut, maka perlahan-lahan akan mengalami kerusakan dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Jika tidak segera dicegah atau diatasi, maka hal itu akan meningkatkan resiko kanker hati.

Meski pengaruhnya tidak terasa secara langsung, namun kesehatan liver dapat berpengaruh terhadap tingkat energi dan libido karena liver bertanggung jawab untuk mengontrol kadar hormon di dalam tubuh.

Berikut ini cara sederhana menjaga kesehatan hati :

  1. Minum air lemon
    Minum air putih yang dicampur dengan perasan lemon bisa memaksa racun untuk keluar dari dalam tubuh. Lemon dapat membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mendorong kemampuan empedu untuk mengeluarkan racun.
  1. Mengonsumsi sayuran
    Mengonsumsi sayuran secara rutin juga dinilai dapat membantu menjaga kesehatan hati. Sayuran seperti brokoli dan bawang mengandung belerang yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati.
  1. Mengonsumsi suplemen untuk hati
    Untuk menjaga kesehatan hati, penuhi kebutuhan mineral harian anda dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang kaya akan magnesium, kalium, kalsium, selenium, mangan, seng, zat besi, sodium, dan tembaga. Mineral-mineral tersebut sangat menting untuk detoksifikasi tubuh. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan mineral tersebut dengan mengonsumsi suplemen yang diperuntukkan untuk kesehatan hati.
  1. Hindari alkohol
    Hati akan terus berfungsi dengan baik sampai anda mengonsumsi alkohol. Alkohol akan membuat hati bekerja lebih keras lagi dalam menyaring dan mengeluarkan racun. Maka dari itu, sebaiknya anda jauh-jauh dari minuman beralkohol.
  1. Pijatan
    Pijatan yang dilakukan secara lembut di daerah hati dan kantung empedu juga dinilai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju hati. Hal ini pada akhirnya dapat membuat hati berfungsi dan bekerja secara optimal.
Baca Juga:  Tuberkolosis Sama Mematikannya Dengan HIV

Mengingat vitalnya peran hati, maka anda dituntut untuk menjaga kesehatan hati agar tetap berfungsi dengan baik. Semoga kelima cara tersebut bisa bermanfaat dan bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.