Cara Sederhana Menghilangkan Kaki Pecah-Pecah

DokterSehat.Com – Kaki yang indah dan mulus merupakan impian setiap wanita. Selain itu, kaki indah dan mulus adalah pertanda bahwa kulit kaki Anda sehat. Namun, seringkali tanpa sadar pekerjaan sehari-hari membuat wanita lupa menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, terlebih kulit kaki. Padahal, hampir setiap hari kaki terpapar kotoran dan kuman, mulai dari yang menempel di lantai, di alas kaki, termasuk saat terpapar air yang kotor. Belum lagi tekanan dari alas kaki, terutama sepatu dengan hak tinggi. Kulit kaki yang kering dan pecah-pecah juga bisa menjadi pintu masuk bagi kuman penyakit. Namun tenang saja, kami akan memberikan tips-tips untuk menjaga kulit kaki tetap lembab, sehat, dan bebas dari pecah-pecah.

doktersehat-mata-ikan-clavus

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun telah dikenal lama sebagai suatu zat yang mampu menjaga kelembaban alami kulit. Anda bisa menemukan minyak zaitun terkandung dalam pelembab wajah dan kulit yang banyak dijual di pasaran. Untuk mencegah dan mengatasi kulit kaki kering, sebelum tidur, oleskan minyak zaitun secukupnya pada kaki yang kering, terutama tumit.

  1. Susu dan madu

Susu kaya dengan vitamin A yang mampu membanti regenerasi kulit, sedangkan madu mengandung humektan yang menjaga kelembaban kulit. Campur secangkir madu dengan dua cangkir susu ke dalam baskom, kemudian aduk. Rendam kaki Anda di dalam baskom selama 10-15 menit dan lakukan secara teratur.

  1. Pisang

Pisang ternyata mengandung zat pelembab dan mampu meluruhkan sel-sel mati dari kak Anda. Tumbuk pisang menjadi pasta yang lembut dan oleskan pada kulit kaki yang pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Cuka putih

Cuka putih mengandung asam asetat yang dapat melembutkan kaki kering Anda. Isi baskom dengan air hingga tiga perempatnya, kemudian tambahkan seperempat cuka putih. Rendam kaki Anda selama 5 hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Akhiri dengan mengoleskan pelembab seperti cocoa butter atau shea butter.

  1. Vaselin atau Aquaphor

Oleskan vaselin atau aquaphor pada kaki yang pecah-pecah, pijat lembut, kemudian bungkus kaki Anda dengan kaus kaki semalaman. Ulangi proses ini hingga kaki Anda kembali lembut seperti semula.

Baca Juga:  Atasi Batuk Dengan Jus Nanas

Jangan lupa jaga kebersihan kaki, cuci kaki setelah bepergian dan sebelum tidur serta selalu gunakan alas kaki. Bila kaki pecah-pecah berlanjut dan menimbulkan rasa nyeri, segera periksakan diri Anda ke dokter. Mungkin Anda membutuhkan obat, di samping cara-cara melembutkan kulit kaki di atas.