informasi kesehatan


Cara Sederhana Mendeteksi Penyakit Jantung

Cara Sederhana Mendeteksi Penyakit Jantung

DokterSehat.com – Penyakit jantung seringkali tidak terdeteksi dari awal sehingga kebanyakan orang baru mengetahui adanya penyakit tersebut setelah mengalami serangan jantung. Untuk memastikan ada tidaknya penyakit ini biasanya diperlukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kdar kolesterol, gula darah, lemak darah, sampai indeks massa tubuh. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh dokter. Tapi, sebenarnya Anda juga bisa melakukan tes sederhana untuk memeriksa risiko penyakit jantung.

Dr Ryan Thamrin, seorang praktisi hidup sehat menyatakan bahwa penyakit jantung bisa dialami oleh siapa saja. Untuk memeriksa ada tidaknya risiko serangan jantung, Anda bisa memeriksa denyut jantung di pagi hari karena pada saat itu jantung telah selesai istirahat.

Mengukur denyut jantung bisa dilakukan dengan tangan sendiri. Caranya, letakkan telunjuk atau jempol di pergelangan tangan tepat di bawah jempol. Raba bagian pergelangan sampai terasa denyutan. Rasakan denyutannya sebelum menghitung jumlah denyut jantung.

Denyut jantung dikatakan normal bila dalam satu menit berdenyut sebanyak 60-100 kali. Bila Anda merasa terlalu lama menghitung denyut sampai satu menit maka Anda bisa menghitung dengan memakai timer untuk mencatat 10 detik pertama, lalu jumlah denyut yang telah dihitung dikalikan enam.

Dr Ryan menjelaskan jika denyut jantung lebih dari 100 kali tiap menit maka seseorang berisiko terserang penyakit jantung. Denyut nadi yang lebih dari 100 per menit menandakan adanya tachycardia, yakni masalah irama jantung yang terlalu cepat. Gangguan ini disebabkan oleh kekacauan sinyal listrik yang berfungsi menstimulus otot jantung guna memompa secara teratur.

Setelah mengetahui risiko penyakit jantung selanjutnya Anda perlu mengenali faktor-faktor pemicunya, yakni tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Jika dari hasil tes tersebut diketahui bahwa Anda memiliki risiko terserang penyakit jantung yang cukup tinggi maka sebaiknya segera perkecil risiko dengan mengubah gaya hidup Anda yang kurang sehat.

Agar jantung tetap sehat, cobalah 5 tips berikut ini:

1. Cukup tidur

Tidur yang cukup secara teratur dapat menyehatkan jantung kita. Studi tahun 2010 menunjukkan bahwa manusia yang tidur di bawah enam jam tubuhnya beresiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.

2. Rajin berolahraga

Jantung akan lebih sehat jika kita rajin berolahraga. Hal ini dapat membuat tekanan yang teratur dan jantung akan berdetak dengan normal.

3. Makan sayur

Selain mengonsumsi buah, sayur juga merupakan asupan penting yang dapat menjaga kesehatan jantung. Sayuran yang kaya serat dan vitamin sangat penting bagi jantung.

4. Mengonsumsi buah

Mengonsumsi buah setiap hari dapat menyehatkan jantung. Beberapa buah seperti pepaya dan jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah melon juga memiliki vitamin C, potasium, dan antioksidan karotenoid.

5. Perbanyak minum air putih

Minumlah air mineral secukupnya. Karena sebuah Study di Amerika tahun 2002 meyatakan jika banyak meminum mineral akan mengurangi resiko serangan jantung 41%.

pf button both Cara Sederhana Mendeteksi Penyakit Jantung
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

61 Responses to “Cara Sederhana Mendeteksi Penyakit Jantung”

  1. lusiana says:

    Dok,saya lusi
    Mau tanya dok,ibu saya berumur 62 tahun,dokter sudah memfonis beliau terkena penyakit jantung,ato jantung bengkak,selama 2 tahun lebih ibu saya selalu minum obat dari dokter,apa lagi jika dada mulai skit,nafas sesak dan sring bersendawa,jika minum obat dokter,pasti sering buang air kecil maka jd membaik,apakah bahaya dok jika ibu saya sring minum obat tersebut? Bagaimana solusi agar pnyakit jantung ibu saya tidak semakin parah dan tidak sering kambuh dok??? Apakah cuaca dingin harus dihindari dok karena daerah skitar saya banyak pegunungan?
    Sebelumnya terimakasih atas responnya dok,saran dokter pasti membantu,,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Bila obat dihentikan tentu saja Akan Lebih berbahaya. Bila terjadi era tan jantung Dan anda tidak memberikan obat, maka apa Yg Akan terjadi, tentu saja bisa membahayakan. Jangan lihat efek buruk Dari obat saja, tapi lihat manfaatnya. Bila memang Ibu anda tidak apa2 tanpa obat, maka dokter anda tidak Akan memberikan obat. Ikuti saran Dari dokter Yg menangani Ibu anda Dan Rajin kontrol ke dokter. Cuaca dingin tidak berpengaruh. Jaga pola hidu sehat, istirahat Yg cukup Dan Rajin kontrol ke dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • lusiana says:

        Selamat mlm dok,sya bersyukur dok ibu saya udah baikan stelah saya ikuti nasehat dokter,ternyata ibu saya hanya terlalu kecapean kata dokter,oya dok apa ada hubunganya batuk dengan penyakit jantung? Soalnya ibu saya sering batuk,mski minum obat dr dokter jg klo smbuh kambuh lg dok, lbih kasihan lg klo mlm kdang gak bisa tidur karna batuk,smpe perutnya sakit dok,terimakasih buat infonya ya dok,

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          apakah minum obat hipertensi atau darah tinggi? ada obat tertentu memang bisa menimbulkan batuk, selain itu bisa juga karena ada gangguan pada paru2nya sendiri, kami sarankan jangan biarkan batuknya terlalu lama tanoa diketahui apa penyebabnya, segera periksakan ke dokter yg menangani ibu anda. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. yani says:

    dok, saya 31 tahun. sudah hampir 2th saya merasakan keanehan dgn jantung. kalo pas kambuh, jantung saya terasa deg gt, dan pas saya pegang nadi saya, nadi berhendi berdetak (hanya sekali) tapi berulang terus. biasanya 5 kali berdetak, 1x berhenti. terus seperti itu. kadang sampe stengah jam. sering banget nyeri di punggung kiri. kl pas duduk trus berdiri terasa melayang. tensi saya normal tp kolesterol dal ldl tinggi. kolesterol saya yang terakhir 269. ldl nya saya lupa brapa. sudah ke dokter jantung di test pake perekam jantung sama threadmill tapi hasilnya normal. sudah saya jelaskan ke dokter kalo sakit saya kumat2an. apes nya pas ke dokter pas normal. tapi dokter bilang usia saya masih terlalu muda. katanya kalo wanita masih mens ga mungkin kena jantung koroner. pernah dikasi tiarit tp malah makin parah. jadi sama dokter disuruh berenti dan suruh ke psikiater. saya ga pernah ad masalah dan saya enjoy dgn hidupku rasanya kl stress ga mungkinlah. dokter benarkah wanita masi mens ga mungkin kena jantung koroner? sebagai catatan, ibu saya stroke. adiknya ayah saya meninggal mendadak. trims sebelumnya dokter atas jawaban nya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      bila dari hasil pemeriksaan menunjukan normal, maka tidak ada yg perlu dikhawatirkan. Kemungkinan yg anda alami ialah denyut jantung ektopik dan ini bisa terjadi karena kelelahan, kurang tidur, stress. Semakin dirasakan maka denyutan ektopik ini lenih sering muncul. coba untuk rileks dan jangan selalu fokus kepada denyut jantung anda. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • yanti says:

      Kasih info lebih banyak dong

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • dr. Vanny Bernadus says:

        Anda bisa cari di website ini tentang info kesehatan yg anda ingin ketahui atau membaca majalah2 kesehatan. Trims

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • yanti says:

          Kebetulan kolesterol saya juga tinggi 241.ldl 143.hdl 80.berapa persen saya bisa terkena penyakit jantung

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • yanti says:

          Saya ingin tanyakan pada dokter.tentang hasil tes pengentalan darah hasil tes nya waktu protrombin 12.2 INR 0.88 fibrinogen 313 apakah ini hasil normal ato ada pengentalan darah dok. Sebelum nya terimakasih banyak dok

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            Betapa usia anda? Keluhan yg anda alami? Melakukan pemeriksaan lab atas rujukan dokter atau sendiri?

            Hasil pemeriksaan lab tidak bisa dijadikan patokan untuk diagnosa penyakit. Perlu adanya riwayat penyakit, pemeriksaan fisik dan bila perlu barulah dokter merujuk untuk pemeriksaan tambahan seperti lab, rontgent,dll.

            Setiap lab juga memiliki nilai rujukan yg berbeda2 tergantung alat yg dipakai. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • yanti says:

            Umur saya 35.keluhan sering kesemutan malam hari.tengkuk pegal.dan dokter menyuruh saya melakukan tes kolesterol dan pengentalan darah.kolesterol total 241. Ldl 143 hdl 80.fibrinogen 313.inr 0.88.dan saya minum simvaztatin 10mg dari bula desember sampe sekarang. Dan kalo berhenti obat kolesterol naik lagi dok.

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            Perhatikan pola makan anda. Untuk kadar kolesterol anda sebenarnya bisa turun dengan diet yg sehat, tanpa perlu obat. Ditambah lagi usia yg masih muda. Hindari makanan berlemak, jeroan, kuning telor, otak, santan, goreng2an, nasi uduk, daging berwarna merah seperti kambing, sapi, babi. Ganti nasi putih dengan gandum atau oat, lakukan olah raga secara teratur. Semoga bermanfaat. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. yani says:

    trims dokter, lega rasanya dengar penjelasan yg ada kepastian nya gini. soalnya slama ini berobat, dokternya ga kasi kepastian sakitnya jadinya malah kuatir sendiri. kl dah tau gini malah lebih tenang. trims dokter. moga dokter dan keluarga sehat slalu dan rejeki melimpah. amin

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Semoga bermanfaat, dan semoga anda dan keluarga selalu dalam keadaan sehat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Edy says:

    Saya edy dok dari Lampung,dok saya mau tanya tentang ibu saya dok,ibu saya sering merasa sesak dan berat didada klo btuk terasa gak nyaman gt hingga mlam tak bisa tdur,skit dipersendian,badan terasa dingin perut kembung dan badan lemas,sudah periksa kedokter memang denyut jantung ibu tidak beraturan mskipun tensi darahnya normal,kolesterol jg tidak ada masalah dan setelah di ronsen n USG katanya ibu terkena penyakit jantung bengkak,awalnya stelah mnum obat badan terasa enak tp bberapa minggu ini mski minum obat kadang yg dirasa tidak bgitu hilang,dok apa penyakit ibu saya sudah parah? Bagaimana cara alami untuk meringankan penyakit ibu saya dok? Apa saja yg harus dihindari supaya penyakit ibu saya tidak semakin parah dok? saya ingin periksa kedokter spesialis tp di daerah saya sulit dok,,, tolong yaa dok jawaban dokter sangat bermanfaat untuk saya dan kesehatan ibu saya,,sebelumnya terimakasih banyak dok.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kami sarankan untuk Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis jantung atau ke rumah sait Yg Lebih besar. Kami disini tidak bisa meresepkan obat apapun tanpa melakukan pemeriksaan. Bila memang tida Ada perbaikan, sebaiknya segera Lakukan usaha untuk memeriksakan ke dokter spesialis, mengingat lokasi anda Yg jauh, Karena bila didiamkan dikhawatrikan kondis Ibu Akan semakin buruk. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. agus hendra says:

    asalamualaikum dok , saya mau bertanya keluhan saya , saya sering kali merasakan sakit di bagian dada luar kiri dan kanan, kadang di dada dalam ,kadang di di dekat ketiak kiri, ,terus sakitnya terasa lagi di bagian punggung , terus di perut, , terus di kepala rasanya aga ga nyaman , pusing dikit , udah saya periksa sama 2 dokter kata dokter yang satu itu cuma epek dr otot yang lesu , kata dokter yang satunya lagi katanya itu ada infeksi di lambung , . gejalanya udah terasa hampir 2 bulanan lebih , dulu mah sering terasa sesak , tapi sekarang sesaknya hilang , .. kalo sekarang yang sering kerasa hanya pegal di bagian punggung yang di barengi rasa meriang ,dan kalo di obat cocoknya obatnya apa yah dok , mohon infonya , wasalam terimakasih ..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Apakah sering bersendawa? Perut terasa kembung? Kemungkinannya Ada 2, gangguan pencernaan atau gangguan Otot. Untuk obat, kami tidak meresepkan obat disini untuk menghindari hal2 Yg tidak diinginkan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. agus hendra says:

    kalo sendawa tidak terlalu sering , cuman yang sering kerasanya hanya terasa pegal di bagian punggung , . perut , kalo masalah pencernaan itu gimana yah dok , . soalnya kalo lagi bab suka aku cek tp kotoran saya normal dok , . m,f dok aga jorok .. perut kembung kadang2 dok , . napsu makan aga kurang , terus tidur juga susah , ..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kemungkinan besar permasalahan nay pada lambung. Dimana Kebanyakan gejalanya sesak napa, tidak nyaman di dada sehingga sering dianggap gangguan pada jantung. Hindari makanan pedas, mie, Asam, kopi, teh. Dan juga makan secara teratur. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. agus hendra says:

    iyah sma sama dok , buah buahan yang bagus untuk lambung buah apah yah dok , ..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Untuk buah hindari buah Salak dan buah2 yg masam Karena bisa memperparah sakit maag. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Alfredo Rahmatillah Kresna Putra says:

    Dok saya ingin bertanya tentang detak ektopik itu apa ya dok? berbahaya atau tidak? sya punya keluhan detak jantung sya seperti bunyi “deg” sekali seperti jeda sepersekian detik tp normal kembali. Umur sya 21 tahun, tidak merokok dan minum alkohol namun memang jarang berolahraga. keluhan ini hanya muncul sesekali saja apalagi kalau sedang melakukan kegiatan. terus kalau sedang sholat berjemaah pas bangun dari rokaat sebelumnya ke rokaat selanjutnya terasa berdebar-debar. tidak ada sesak nafas dan nyeri dada yg signifikan yg sya rasakan.
    terima kasih dok.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Detak ektopik, terjadi detakan diluar detak jantung biasanya. Dalam hal ini perlu dilihat dulu, bila terjadi sesekali msh dalam batas normal. Bila selalu terjadi maka tidak boleh dibiarkan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0