Cara Merawat Payudara Agar Tetap Sehat dan Indah

Doktersehat-cara-merawat-payudara

DokterSehat.Com – Memiliki sepasang payudara yang sehat tak hanya menambah kecantikan wanita tapi juga menambah rasa percaya dirinya. Selain itu, perlunya merawat payudara dengan teratur juga berguna untuk menghindari risiko kanker payudara, kendur, hingga terjadinya infeksi.

Berikut ini cara menjaga payudara agar tetap sehat dan indah, di antaranya:

  • Pelembap

Seperti kulit tangan dan kaki, kulit pada payudara juga membutuhkan pelembap untuk mencegah dan mengurangi kerutan karena dehidrasi. Pelembap khusus payudara disebut bust cream.

  • Bedak

Karena dipenuhi oleh kelenjar minyak, jerawat bisa muncul di sekitar payudara. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan bedak tabur setelah mandi. Hindari juga menggunakan bra yang basah.

baca juga: Tak Hanya Karena Kanker, Berikut Alasan Mengapa Payudara Terasa Sakit

  • Jangan tidur tengkurap

Tidur tengkurap dapat mengubah bentuk payudara. Posisi tidur yang dianjurkan adalah posisi miring dengan kedua payudara ditopang bantal. Selain itu, kebiasaan lain yang harus dihindari adalah tidak memakai bra saat tidur agar pori-pori payudara lebih leluasa untuk bernapas.

  • Gunakan bra dengan ukuran pas

Jika kulit disekitar payudara Anda merah dan terasa gatal, kemungkinan bra yang dipakai terlalu kecil. Atau bisa jadi, kulit Anda tidak cocok dengan bahan dasar bra tersebut. Pilihlah bra dengan bahan yang ramah dengan kulit dan sesuai ukuran untuk membuat payudara yang sehat.

  • Pilih bra sesuai kebutuhan

Gunakan bra berkawat jika memang ukuran payudara Anda terlalu besar atau bentuknya mulai menurun karena faktor usia. Sementara itu, agar Anda lebih fleksibel untuk melakukan berbagai gerakan saat olahraga, Anda bisa menggunakan sport bra khusus.

  • Periksa kondisi payudara

Cara merawat payudara lain yang bisa dicoba adalah melakukan pemeriksaan dengan rutin. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan minimal setiap tiga tahun sekali ketika memasuki usia 20 tahun. Sementara bagi wanita berusia 40 tahun ke atas dan memiliki riwayat kanker payudara turunan, lakukan pemeriksaan secara rutin.

Jika pemeriksaan dengan mammogram dirasa belum cukup, Anda bisa meminta dokter untuk melakukan magnetic resonance imaging (MRI) atau sonogram. Anda juga dapat memeriksa payudara melalui ultrasonografi (USG) karena cara tersebut lebih efektif dari pada pemeriksaan mamografi.

  • Rajin olahraga

Cara merawat payudara yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan berolahraga selama 45 menit hingga satu jam secara rutin. Cara ini dipercaya bisa mencegah kanker payudara, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi risiko obesitas, serta menurunkan kadar hormon estrogen dan insulin.

  • Hindari stres

Meski belum bisa dibuktikan dengan pasti, payudara bisa terasa sakit karena beberapa jenis hormon mengalami peningkatan saat stres. Selain itu, stres juga diduga memicu terjadinya kanker payudara.

  • Kurangi minum alkohol

Penelitian menunjukan, bahwa dua gelas alkohol setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sekitar 21 persen. Cobalah ganti alkohol atau wine dengan buah anggur dan jus buah, karena senyawa polifenol pada kulit anggur bisa membantu mengurangi kadar estrogen yang memicu terjadinya kanker.

  • Makanan bergizi

Demi menjaga bentuk payudara supaya tetap sehat dan kencang, perbanyak konsumsi makanan bernutrisi, seperti sayuran dan buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan dapat menjaga kulit tetap elastis dan mengurangi munculnya keriput pada area tubuh.

baca juga: 4 Langkah Mengurangi Risiko Kanker Payudara

  • Tidak merokok

Merokok tidak hanya memengaruhi aliran darah dan oksigen ke kulit, tetapi juga dapat merusak kolagen dan elastin, sehingga menyebabkan kerutan dini serta kekenduran kulit, termasuk pada bagian payudara. Jika Anda termasuk perokok aktif, mulailah berpikir untuk berhenti merokok demi merawat payudara Anda tetap sehat.

Nah, itulah beberapa cara merawat payudara yang dapat dengan mudah Anda lakukan. Perlu diketahui, penurunan hormon estrogen selama menopause dapat terkait dengan penyusutan kolagen pada jaringan kulit, dan hal ini bisa memengaruhi tampilan payudara.

Mengonsumsi fitoestrogen atau suplemen adalah langkah cepat untuk meningkatkan kadar estrogen. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memang ingin menaikkan kadar estrogen untuk menjaga kekencangan payudara.