Cara Sederhana Cegah ISPA

DokterSehat.Com – Hidup di kota besar dan padat penduduk memang memiliki persentase yang sangat besar untuk terserang penyakit terutama penyakit gangguan pernafasan dibandingkan orang yang hidup di pedesaan atau bahkan dipegunungan. Hal ini dikarenakan udara yang ada di pedesaan dan pegunungan lebih sehat karena kaya akan kandungan oksigen dan udaranya bersih namun apabila dibandingkan dengan udara di kota besar yang berpenduduk padat akan jauh berbeda keadaannya karena udara di kota telah tercemar oleh adanya zat-zat beracun seperti karbon monoksida yang terkandung dalam asap kendaraan bermotor sehingga menyebabkan udara tercemar (polusi udara) dan hal inilah yang membahayakan bagi kesehatan orang yang hidup disekitarnya.

doktersehat-sesak-nafas-asma

Sistem saluran pernafasan terutama bagian atas adalah sasaran utama serangan kuman-kuman yang beterbangan di udara, sehingga paling sering mengalami infeksi. Berbagai virus, bakteri dan organisme lain dapat menyerang saluran hidung, mulut, tenggorokan serta cabang tenggorokan (bronkhus) yang membawa udara ke dalam tubuh sehingga terjadi infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Polusi udara salah satunya dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan. Infeksi saluran nafas yang terjadi ada yang infeksi saluran nafas ringan yaitu hanya berlangsung beberapa hari saja, namun sebagian infeksi bisa menjadi berat dan memicu terjadinya infeksi sekunder yang lebih serius. Hal tersebut sangat bergantung pada daya tahan tubuh masing-masing orang.

Pencegahan terhadap penyakit infeksi saluran pernafasan adalah dengan meningatkan daya tahan tubuh melalui pola hidup sehat. Beberapa langkah umum yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari penularan penyakit ISPA:

  • Banyak minum air putih terutama yang hangat dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan segar terutama yang banyak mengandung vitamin C. Bila diperlukan konsumsikan pula vitamin dan zat antioksidan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • cukup istirahat, hindari stres, dan melakukan olahraga secara teratur
  • cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun untuk mencegah kuman.
  • Hindari merokok dan asap rokok
  • Jika tubuh sedang tidak fit, untuk sementara waktu hindari interaksi dengan penderita ISPA, atau gunakan masker.
Baca Juga:  Bahayanya Cakaran Kucing Bagi Kesehatan

Hal penting yang paling harus diingat dalam menangani ISPA adalah masa inkubasi. Masa inkubasi adalah waktu dimana virus atau kuman menjadi aktif dan menginfeksi. Masa ini adalah waktu terbaik untuk memutus rantai agar tidak menjangkit tubuh manusia. Tanda-tanda masa ini adalah rasa pegal-pegal, kelelahan, rasa tidak enak disekitar mulut dan hidung serta badan panas ngelemeng. Disaat ini adalah waktu yang mengharuskan kita harus istirahat total, minum vitamin, banyak minum air putih dan makanan yang sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila masa ini dapat teratasi maka kita dapat sukses mencegah ISPA.