Pilih Susu Hamil Tak Boleh Asal, Ini Tipsnya!

Pemilihan-makanan-sehat-bumil-1
Pemilihan makanan sehat ibu hamil selama kehamilan

DokterSehat.Com– Ibu hamil tentu harus selalu memenuhi kebutuhan gizinya yang semakin meningkat, salah satu bahan makanan yang kerap dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah susu.

Ya, kini semakin banyak jenis susu khusus ibu hamil yang tersedia di pasaran. Hal ini tentu memudahkan ibu hamil dalam memperoleh asupan gizi dari bahan minuman yang cenderung lebih mudah dikonsumsi dan lebih praktis dalam pembuatannya.

Dengan berbagai jenis susu hamil yang tersedia, maka tentu ibu tidak boleh asal saja memilih susu hamil.

doktersehat-susu
Photo Credit: Flickr.com/ Andrew Magill

Susu yang dikonsumsi haruslah sesuai dengan kondisi kehamilan serta kebutuhan gizi harian ibu hamil. Jika ibu hamil asal saja mengonsumsi susu maka bisa jadi asupan gizi tidak terpenuhi atau malah berlebihan.

Asupan gizi yang terpenuhi tentu membuat risiko ibu kekurangan zat gizi lebih besar. Hal ini tentu akan menganggu pemenuhan gizi bagi ibu dan janin.

Sedangkan asupan gizi yang berlebihan, juga akan berisiko menyebabkan ibu hamil mengalami beragam gangguan, misalnya masalah pencernaan.

Untuk itu ibu hamil harus mampu memilih susu yang mencukupi kebutuhan gizi hariannya.

Beberapa tips yang bisa diterapkan ibu agar pemilihan susu tepat saat hamil adalah dengan memerhatikan kandungan gizi, jenis dan kualitas produk.

Agar lebih jelas, yuk sama-sama kita simak cara memilih susu hamil yang sehat di bawah ini!

1. Perhatikan jenis kandugan gizi yang ada pada susu

Kebutuhan gizi ibu hamil tidak hanya meningkat jumlah namun juga jenisnya. Untuk itu ibu hamil perlu memastikan bahwa susu yang dikonsumsinya adalah susu padat gizi dan lengkap jenisnya.

Hal ini bisa diketahui dengan memerhatikan apa saja kandungan gizi yang ada pada susu ibu hamil tersebut.

doktersehat-sehat-nutrisi-sayur-buah-susu-daging

Beberapa kandungan gizi yang harus ada pada susu ibu hamil adalah:

  • Kalsium
    Kalsium penting untuk mencegah ibu hamil mengalami osteoporosis karena kalsium yang ada pada tubuh ibu digunakan untuk pembentukan tulang janin.

  • Protein
    Susu sebagai salah satu alterntaif makanan berprotein hewani memiliki kandungan protein yang tinggi.

  • Zat besi
    Zat besi dalam susu diserap lebih baik oleh tubuh dan penting untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu dan memberi asupan nutrisi pada bayi lebih optimal

  • Asam folat
    Asam folat penting untuk pertumbuhan dan perekmbangan saraf vital janin.

  • Omega 3 dan DHA
    Omega dan DHA pada susu bermanfaat untuk tumbuh kembang otak janin.

  • Serta vitamin lengkap, utamanya vitamin A, C dan D

2. Pilih jenis rasa yang tepat

Susu kerap dianggap membuat ibu hamil merasa mual, hal ini membuat ada berbagai varian rasa pada susu hamil. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa mual ibu saat mengonsumsi susu. Pilih rasa yang dianggap ibu menyegarkan dan tidak memiliki aroma atau rasa yang menyebabkan mual.

doktersehat-susu

Salah satu hal yang bisa dijadikan pertimbangan kesehatan dalam memilih rasa pada susu ibu hamil adalah penggunaan gulanya.

Pastikan bahwa rasa yang Anda pilih tidak menggunakan banyak gula. Jika terpaksa memilih rasa tersebut, usahakan agar Anda tidak menambahkan banyak gula pada saat mengonsumsi susu hamil tersebut.

3. Perhatikan kualitas produk

Sama seperti produk kemasan lainnya, perhatikan bahwa tampilan fisik produk masih baik, tidak rusak baik pada kemasan luar atau bungkus plastik di bagian dalam.

susu-bubuk-doktersehat
Photo Credit: Kaboompics via Pexels

Cek tanggal kedaluwarsa dan pastikan produk aman dengan memiliki izin edar dari badan pengawas obat dan makanan.