Kontrasepsi IUD – Cara Pengambilan

Jangan mencoba untuk mengambil IUD sendiri karena kerusakan serius pada organ rahim dan leher rahim dapat terjadi. Seorang profesional kesehatan biasanya dapat mengamil IUD dengan cara yang sangat sederhana secara hati-hati yaitu dengan menarik benang di ujung IUD pada sudut tertentu. Hal ini akan menyebabkan lengan IUD terlipat dan IUD akan meluncur keluar melalui leher rahim. Jika IUD sedang diganti, IUD baru biasanya dapat dimasukkan segera.

doktersehat-gagal-ginjal-Hemoialisis-konsultasi

Jarang, namun bisa jadi leher rahim mungkin perlu dilebarkan dan suatu alat digunakan untuk membantu pengambilan IUD. Jika ini terjadi, anestesi lokal dapat digunakan. Sangat jarang, namun bisa jadi operasi histeroskopi mungkin diperlukan, di mana teleskop kecil digunakan untuk membantu mengambil IUD.

Jenis dokter apakah yang saya temui jika saya ingin IUD?
Sebuah dokter kandungan khusus ginekologi adalah jenis dokter yang akan memasukkan IUD.

Di mana saya mendapatkan IUD?
Wanita yang tertarik untuk menggunakan IUD untuk pengendalian kelahiran harus menghubungi dokter pribadi mereka atau pusat kesehatan lokal. IUD dapat dimasukkan oleh beberapa penyedia perawatan primer maupun oleh dokter ahli kandungan. Tidak semua profesional kesehatan mampu memasukkan IUD, jadi tanyalah terlebih dahulu.

Berapa yang biaya IUD?
Silahkan bertanya tentang biaya dan asuransi. Pada beberapa klinik, harga mungkin didasarkan pada pendapatan. IUD hormonal cenderung lebih mahal daripada IUD tembaga. Biaya per tahun untuk IUD lebih murah daripada bentuk lain dari kontrasepsi yang reversibel. Maksud dari kontrasepsi yang reversibel adalah kontrasepsi yang tetap mampu memberikan kesempatan memiliki anak ketika sudah tidak digunakan lagi.