Cara Pencegahan Osteoporosis Yang Benar

DokterSehat.Com – Osteoporosis merupakan suatu penyakit kerapuhan tulang yang di tandai dengan rasa nyeri pada tulang dan kesulitan bergerak Karena tulang telah kekurangan massa tulang sehingga tulang berluban, keropos dan mudah patah.



Pencegahan

Oleh karena itu sebelum hal tersebut terjadi kepada anda sebaiknya anda melakukan tindakan pencegahan osteoporosis supaya anda dapat mengatasi penyakit tersebut sejak dini. Karena jika anda merawat tulang anda sejak dini maka resiko terjadinya osteoporosis akan bisa ditanggulangi dan bahkan anda akan terhindar dari penyakit tulang tersebut.
Beikut cara mencegah datangnya penyakit osteoporosis :

• Perbanyak konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh anda, seperti misalnya susu, brokoli, bayam, jenis-jenis makanan laut dan berbagai makanan lainnya yang mengandung kalisum tinggi.

• Karena obesitas juga sangat berperan dalam menimbulkan osteoporosis maka sebaiknya anda selalu melakukan cek berat badan anda supaya berat badan anda selalu terkontrol sehingga terhindar dari obesitas yang bisa menyebabkan osteoporosis.

• Jangan sepelekan nyeri tulang. Jika anda sering mengalami nyeri tulang tanpa sebab maka anda perlu sedikit lebih waspada. Saat mengalami nyeri tulang anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

• Walaupun obesitas memang menyebabkan osteoporosis namun bukan berarti anda harus melakukan diet yang berlebihan. Dengan melakukan diet secara ekstrim anda justru akan kehilangan beberapa nutrisi penting dalam tubuh, termasuk kalsium.

• Dalam pengertian dan pencegahan osteoporosis diatas menerangkan bahwa Osteoporosis lebih sering menjangkiti wanita yang telah menopause, sehingga bagi wanita yang telah menopause sebaiknya memperbanyak konsumsi suplemen kalsium untuk menambah nutrisi kalsium pada tubuh.