Cara Paling Efektif Hentikan Cegukan

DokterSehat.com – Semua orang pasti pernah mengalami cegukan. Cegukan seringkali datang tiba-tiba tanpa diduga. Itulah kenapa Anda perlu mengetahui cara untuk menghentikannya dengan segera.

8

Jika tidak segera dihentikan, cegukan mampu menyakitkan tubuh Anda sebab cegukan memaksa seluruh tubuh Anda untuk bergerak tiba-tiba secara konstan. Cegukan juga bisa terasa sangat tidak menyenangkan karena membuat Anda kesulitan berbicara atau berpikir. Berikut adalah cara yang paling efektif untuk menghentikannya:

1. Gula

Saat sedang cegukan, coba konsumsi satu sendok gula pasir. Ini karena saat menelan gula yang lengket, irama bernapasan akan berubah sehingga cegukan pun akan berhenti. Sensasi manis yang ditimbulkan dari gula juga dapat membuat cegukan berhenti.

2. Tarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya perlahan-lahan

Cara ini adalah trik lama, namun mampu menghentikan cegukan. Cara kerjanya ialah, merangsang syaraf dari otak ke diafragma agar membuat dada menjadi lapang sehingga cegukan perlahan hilang.

 3. Minyak Kayu Putih

Beri minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali.

4. Dikejutkan

Mengejutkan seseorang atau mengalihkan perhatian secara mental, perlahan dapat menghentikan cegukan. Mintalah seseorang untuk megagetkan Anda. Merasa terkejut akan megubah siklus napas Anda. Selain itu, mental Anda yang merasa terkejut juga bisa mempengaruhi cara kerja diafragma.

5. Menjulurkan Lidah

Anda juga dapat mencoba menjulurkan lidah sepanjang-panjangnya untuk merangsang tenggorokan yang berhubungan dengan saluran hidung untuk menghentikan cegukan.

6. Minum Air

Saat seseorang menelan air, secara tak langsung hal ini bertujuan melancarkan tenggorokan dan diafragmanya. Sehingga perlahan-lahan cegukan akan hilang.

Itulah beberapa langkah praktis untuk menghentikan cegukan Anda. Selamat mencoba!