Obat Imunosupresan – Cara Pakai, Efek Samping, dan Interaksi Obat

Selama perawatan Anda dengan obat imunosupresan, Anda akan menjalani tes darah secara teratur. Tes ini membantu dokter Anda memantau seberapa efektif obat dan apakah diperlukan perubahan dosis. Tes juga akan membantu dokter Anda mengetahui apakah obat tersebut menyebabkan efek samping bagi Anda.

Obat-Imunosupresan-doktersehat

Jika Anda memiliki penyakit autoimun, dokter Anda mungkin menyesuaikan dosis Anda berdasarkan bagaimana kondisi Anda merespons pengobatan.

Jika Anda telah menerima transplantasi organ, dokter Anda akhirnya dapat mengurangi dosis Anda. Hal ini karena risiko penolakan organ berkurang seiring berjalannya waktu, sehingga kebutuhan akan obat ini bisa menurun. Namun, kebanyakan orang yang menjalani transplantasi perlu mengkonsumsi setidaknya satu obat imunosupresan sepanjang hidup mereka.

Efek samping

Efek samping sangat bervariasi untuk berbagai macam obat imunosupresan. Untuk mengetahui efek samping yang mungkin Anda hadapi, tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang efek obat khusus Anda.

Namun, semua obat imunosupresan membawa risiko infeksi serius. Bila obat imunosupresan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, tubuh Anda menjadi kurang tahan terhadap infeksi. Itu berarti mereka membuat Anda lebih mungkin terkena infeksi. Ini juga berarti bahwa infeksi apapun akan lebih sulit diobati.

Jika Anda memiliki gejala infeksi ini, hubungi dokter Anda segera:

  • Demam atau menggigil
  • Rasa sakit di sisi punggung bawah
  • Susah buang air kecil
  • Sakit saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil
  • Kelelahan atau kelemahan yang tidak biasa

Interaksi obat

Sebelum Anda mulai memakai obat imunosupresan, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda minum. Ini termasuk obat resep dan obat warung, serta vitamin dan suplemen. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda tentang kemungkinan interaksi obat yang mungkin disebabkan oleh obat imunosupresan Anda. Seperti efek samping, risiko interaksi obat obat tergantung pada obat spesifik yang Anda pakai.

Obat Imunosupresan – Halaman Selanjutnya: 1 2 3