Topiramate – Cara Pakai dan Overdosis

DokterSehat.Com– Cara pakai dan dosis dalam mengkonsumsi topiramate (Topamax, Topamax Sprinkle, Topiragen) adalah ambil persis seperti yang diresepkan oleh dokter Anda. Jangan mengambil dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda. Dokter mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik.

topiramate

Topiramate bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Tablet topiramate harus ditelan utuh. Jika pecah, atau jika dikunyah, maka tablet akan memiliki rasa pahit.

Anda bisa membuka kapsul topiramate dan memercikkan obat ke dalam sesendok sirup atau makanan lunak lainnya agar mudah ditelan. Telan segera tanpa dikunyah atau diemut. Jangan simpan campuran untuk digunakan nanti. Buang kapsul kosong.

Minumlah banyak cairan saat Anda sedang mengkonsumsi topiramate. Hal ini akan menurunkan risiko batu ginjal atau ketidakseimbangan elektrolit. Hubungi dokter Anda jika Anda terus muntah atau diare. Anda dapat dengan mudah mengalami dehidrasi saat minum obat ini.

Jika Anda memerlukan pembedahan, beritahu dokter bedah sebelumnya bahwa Anda menggunakan topiramate. Anda mungkin perlu berhenti menggunakan obat ini dalam waktu singkat.

Jangan berhenti menggunakan topiramate tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda, biarpun Anda merasa baik-baik saja. Anda mungkin mengalami peningkatan kejang jika Anda berhenti menggunakan topiramate secara tiba-tiba. Anda mungkin perlu menggunakan lebih sedikit dan sedikit sebelum menghentikan pengobatan sepenuhnya.

Hubungi dokter Anda jika kejang Anda memburuk atau Anda lebih sering kejang ketika mengkonsumsi topiramate. Pastikan obat ini tidak menimbulkan efek berbahaya, dengan cara memeriksakan darah Anda untuk mengetahui fungsi ginjal dan fungsi hati Anda, dan mengunjungi dokter secara teratur.

Baca Juga:  Topiramate - Interaksi dengan Alkohol, Diet Keto, dan Obat Lainnya

Bawa kartu identitas yang menyatakan bahwa Anda menggunakan topiramate. Setiap penyedia layanan medis atau dokter gigi yang merawat Anda harus tahu bahwa Anda menggunakan obat ini.

Simpan pada suhu kamar dan jaga dari kelembaban dan panas. Jaga agar botol obat tertutup rapat bila tidak digunakan.

Apa yang terjadi jika saya melewatkan dosis (Topamax, Topamax Sprinkle, Topiragen)?
Jika Anda terlambat minum obat kurang dari 6 jam, ambillah dosis yang terlewat segera setelah Anda ingat. Lewati dosis yang terlewat jika sudah hampir waktunya untuk dosis terjadwal berikutnya. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang tidak terjawab.

Hubungi dokter Anda untuk mendapatkan petunjuk jika Anda melewatkan dua dosis atau lebih.

Apa yang terjadi jika saya overdosis (Topamax, Topamax Sprinkle, Topiragen)?
Carilah bantuan medis darurat atau hubungi bantuan keracunan segera di nomor (021) 4250767 atau (021) 4227875.  Gejala overdosis bisa berupa kantuk, pusing, agitasi atau depresi, penglihatan kabur, masalah bicara atau keseimbangan, sakit perut, nyeri dada, detak jantung cepat atau berdebar, merasa pusing, pingsan, dan kejang (kejang).

Topiramate – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4