Asam Valproat – Cara Pakai

DokterSehat.Com– Cara pakai obat asam valproat adalah dengan mengambil persis seperti yang diresepkan oleh dokter Anda. Jangan mengambil dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda.

Asam Valproat

Minum banyak air saat Anda minum obat ini. Dosis Anda mungkin perlu diubah jika Anda tidak mendapatkan cukup cairan setiap hari.

Ukur obat cair dengan sendok ukur dosis khusus atau cawan obat, bukan dengan sendok biasa. Jika Anda tidak memiliki alat pengukur dosis, tanyakan pada apoteker Anda.

Pastikan obat ini tidak menimbulkan efek berbahaya, fungsi hati Anda perlu sering dites. Kunjungi dokter Anda secara teratur.

Jangan berhenti menggunakan asam valproat tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda, biarpun Anda merasa baik-baik saja. Anda mungkin mengalami peningkatan kejang jika Anda berhenti menggunakan asam valproat secara tiba-tiba. Sebelum menghentikan pengobatan sepenuhnya, Anda perlu mengurangi dosis sedikit demi sedikit.

Telan seluruh kapsul. Jangan dihancurkan, dikunyah, atau dipecah karena obatnya bisa mengiritasi mulut atau tenggorokan Anda saat Anda menelannya.

Pakai tanda peringatan medis atau bawa kartu identitas yang menyatakan bahwa Anda menggunakan asam valproat. Setiap penyedia layanan kesehatan yang merawat Anda harus tahu bahwa Anda sedang menggunakan obat anti-kejang.

Simpan pada suhu kamar, hindari  dari kelembaban dan panas.

Apa yang terjadi jika saya melewatkan satu dosis (Depakene, Stavzor)?
Minum dosis yang terlewat begitu Anda ingat. Lewati obat jika sudah hampir waktunya untuk dosis terjadwal berikutnya. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang terlewat.

Asam Valproat – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5