Mengobati Sakit Mata dengan Cara Alami

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus-1024

DokterSehat.Com – Bagaimana membuat obat untuk mata bengkak, cara mengobati sakit mata dengan bahan tradisional, lalu bahan apa yang bisa mengobati sakit mata? Pernahkah mengalami sakit mata, Anda pasti sudah merasakan sakit mata, entah itu hanya sebatas nyeri, perih atau malah lebih parah sehingga membuat pandangan mata menjadi kabur.

Penyebab sakit mata biasanya terjadi disebabkan karena alergi, infeksi, atau kurangnya cairan pada mata yang mengakibatkan mata menjadi kering sehingga mata terasa perih. Selain itu juga terlalu fokus atau memandang obyek berlebihan dan jarang mengedipkan mata bisa menyebabkan mata kering sehingga mata pedih, ini biasa terjadi jika seseorang berada atau terlalu lama di depan komputer, main game, dan nonton televisi sehingga sampai lupa berkedip.

Nah, dengan sering mengedipkan mata akan terjadi proses pelumasan pada bagian mata sehingga bisa menghindari kekeringan yang membuat mata merah dan nyeri.

Selain faktor di atas, sakit mata bisa disebabkan karena kurang tidur, kekurangan asupan gizi juga melemahnya sistim kekebalan tubuh atau yang kerap terjadi disebabkan sakit mata musiman bahkan menular.

Sakit mata tersebut biasanya akan mewabah dan menular dari satu orang keyang lainya. Kejadian semacam ini seringkali terjadi pada satu keluarga atau kelompok yang sering berinteraksi atau sering kontak mata secara langsung.

Baca juga: Pengobatan Sakit Mata Selulitis Orbitalis

Penyakit mata jenis ini sering disebut penyakit belek atau belekan. Rasanya nyeri luar biasa pada sekitar area mata, pusing dan berair. Penyakit mata jenis belek akan berlangsung cukup lama sekitar dua minggu kadang sampai sebulan belum sembuh tergantung dari jenis pengobatan yang dilakukan.

Mengobati Nyeri Mata secara Alami

Berikut beberapa obat sakit mata alami yang bisa Anda coba di rumah:

1. Tawas dan air mawar

Gunakan 4 gm tawas dan campurkan ke dalam 25 gm air mawar. Gunakan 2 tetes campuran air ini 2-3 kali dalam sehari. Ini akan memberi Anda 100 % pengobatan untuk sakit mata dan mata merah. Ini adalah obat rumah alami terbaik untuk sakit mata. Jika air mawar tidak tersedia maka Anda bisa menggunakan air suling atau air matang.

2. Gunakan cotton bud

Pada tahap awal sakit mata, jika Anda memiliki rasa sakit di mata kiri kemudian masukkan cotton bud di telinga kiri atau jika Anda memiliki rasa sakit di mata kanan kemudian masukkan cotton bud di telinga kanan. Jika Anda memiliki rasa sakit di kedua mata kemudian sisipkan cotton buds di kedua telinga. Ini akan memberi kelegaan dalam 2-3 jam.

3. Gunakan air triphala

Gunakan air triphala (pengobatan Ayurveda) untuk mencuci mata dua kali sehari. Untuk membuat air triphala, rendam 2 sendok makan triphala dalam air normal selama semalam. Paginya kocok air ini dengan bubuk triphala selama 2 menit lalu saring menggunakan kain bersih. Gunakan air tersebut untuk mencuci mata Anda.

4. Madu

Oleskan satu tetes madu ke dalam mata yang sakit. Jika Anda merasa terbakar dengan mata, maka jangan khawatir karena itu normal. Madu memiliki sifat pembersihan dan antibakteri alami yang melindungi mata dari penyakit.

5. Mentimun

Obat mata tradisional ini memiliki sifat anti-iritasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak. Ambil irisan mentimun dan masukkan ke dalam lemari pendingin selama 15 menit. Sekarang letakkan irisan ketimun di atas mata selama setidaknya 10 menit.

Baca juga: Khasiat Pare Untuk Mengobati Sakit Mata Merah

Obat mata alami lainnya menggunakan daun sirih, berikut caranya:

  1. Ambillah beberapa lembar daun sirih, cuci hingga bersih dan rebuslah dengan ditambah sedikit garam dapur hingga mendidih.
  2. Setelah itu angkat dari perapian dan tunggulah sampai dingin, kemudian saring menggunakan kain yang bersih.
  3. Gunakan air saringan tersebut untuk mencuci mata yang sakit setiap hari 3 kali, bila Anda tekun melakukannya, niscaya penyakit mata yang Anda derita akan lekas sembuh sebelum terlalu parah.

Biasanya perawatan di rumah terdiri dari pembilasan mata dengan air. Ketika mata terkena partikel asing, sangat penting untuk mencuci mata dengan beberapa solusi perawatan mata yang disiapkan secara komersial atau dengan air hangat.

Perlu dicatat bahwa mata tidak boleh digosok jika ada benda asing. Menggosok dapat menyebabkan lebih banyak iritasi atau kerusakan pada permukaan mata.

Jika ada sesuatu yang lebih dari sekadar iritasi, umumnya dianjurkan untuk menghubungi spesialis profesional atau mata. Tetapi dalam kasus ketidaknyamanan mata ringan, istirahatkan mata dan tidur mungkin memulihkan kondisi mata dengan baik. Hindari mata terpapar cahaya terang.

Asam borat atau asam boraks juga merupakan obat sakit mata. Meskipun merupakan asam, sangat ringan dan dapat diterapkan pada mata yang berfungsi sebagai antiseptik dan antijamur.

Cara mengatasi sakit mata lainya adalah dengan menerapkan kantong teh pada mata, ini dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Caranya kantong teh harus direbus dalam air panas. Setelah mendidih, kantong teh harus didinginkan. Kemudian diletakkan pada mata yang sakit selama kurang lebih 15 menit. Proses ini harus diulang hingga tiga kali sehari.

Madu juga bisa dicampur dengan air matang untuk mengobati infeksi mata. Solusi ini juga bisa digunakan sebagai tetes mata atau pencuci mata.

Baca juga: Mencegah Penularan Sakit Mata Pada Bayi

Pencegahan Sakit Mata

Untuk menghindari beberapa penyebab umum sakit mata, beberapa jenis pencegahan dapat Anda gunakan. Beberapa pencegahan ini di antaranya:

  1. Mengenakan kacamata saat bekerja di lapangan atau pabrik, bahan kimia industri dan lainnya, di mana ada kemungkinan partikel kecil atau debu.
  2. Mengenakan kacamata pengaman selama aktivitas olahraga.
  3. Saat menggunakan segala jenis spray atau semprota, penting bahwa semprotan diarahkan Jauh daru area mata.
  4. Jika menggunakan lensa kontak, pemeriksaan rutin yang tepat harus dilakukan untuk mencegah cedera mata. Pengguna juga harus mengikuti instruksi dokter saat menerapkan, melepaskan, dan mencuci lensa.
  5. Mata harus dicuci dengan air secara teratur untuk menjaga mata tetap bersih.
  6. Kosmetik seperti eye shadows, eyeliner dan alat kosmetik lainnya, tidak boleh berbagi dengan orang lain.
  7. Berenang di air memiliki kandungan klorin harus dihindari karena ini dapat menyebabkan infeksi mata.

Nah, demikian tips cara mengobati sakit mata. Sila mencobanya dan terapkan secara rutin untuk mendapatkan khasianya, Teman Sehat!