Cara Mudah Untuk Mengobati Darah Rendah

DokterSehat.Com – Penyakit darah rendah atau Hipotensi (Hypotensi) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHg.



Namun demikian, beberapa orang mungkin memiliki nilai tekanan darah (tensi) berkisar 110/90 mmHg atau bahkan 100/80 mmHg akan tetapi mereka belum atau jarang menampakkan beberapa keluhan berarti, sehingga hal itu dirasakan biasa saja dalam aktivitas kesehariannya.

Apabila kondisi itu terus berlanjut, didukung dengan beberapa faktor yang memungkinkan memicu menurunnya tekanan darah yang signifikan seperti keringat dan berkemih banyak namun kurang minum, kurang tidur atau kurang istirahat (lelah dengan aktivitas berlebihan) serta haid dengan perdarahan berlebihan (abnormal) maka tekanan darah akan mencapai ambang rendah (hipotensi) 90/60 mmHg.

Penyebab

Kondisi hipotensi dapat disebabkan oleh hal-hal seperti dehidrasi, terlalu lama tidur, kekurangan gizi, jumlah atau volume darah kurang, gangguan jantung, kehamilan, gangguan endokrin, dan kondisi neurologis. Obat-obat tertentu seperti alpha blocker, beta blocker, diuretik, antidepresan, dan lain-lain juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Cara mengobati darah rendah :

  • Banyak minum air putih
    Air putih memiliki sifat penetralisir, air putih dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit, termasuk darah rendah.  Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air putih setiap harinya, setidaknya sebanyak 8 gelas perhari.
  • Konsumsi banyak lemak nabati
    Lemak nabati adalah salah satu sumber utama yang bisa membantu anda mengatasi darah tinggi. Mengonsumsi lemak nabati lebih direkomendasikan daripada lemak hewani karena lebih mudah dicerna dan risiko untuk mengakibatkan kolesterol juga lebih kecil.  Sangat disarankan untuk mengonsumsi lemak nabati dari kacang-kacangan dan gandum. Kacangan-kacangan menurut penelitian di harvard mengatakan bahwa sering mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang buncis, kacang hijau dan lainnya dapat membantu meningkatkan tekanan darah hingga normal.

    Sangat disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam.  Garam adalah salah satu zat alami yang bisa menambah laju produksi sel darah merah dan sangat membantu untuk menaikkan tekanan darah.

  • Kurangi gula dan alkohol
    Gula dan alkohol memiliki efek meningkatkan tekanan darah anda secara drastis.  Bagi yang memiliki darah rendah, peningkatan tensi yang terlalu mendadak bisa mengakibatkan efek samping yang cukup berbahaya, seperti pusing akut, berkunang-kunang, bahkan pingsan.  Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan gula dalam waktu singkat.

    Alkohol tidak bagus untuk tekanan darah kita karena mengikat  darah dalm tubuh. Selain itu, gula dan alkohol juga memiliki banyak efek negatif bagi tubuh anda.  Gula bisa menyebabkan diabetes yang bisa berakibat berbagai komplikasi.  Alkohol juga memiliki dampak perusakan pada sistem syaraf apabila dikonsumsi terlalu banyak secara terus menerus.

  • Minum kopi
    Kafein yang terkandung dalam kopi mengaktifkan hormon adenosine yang melebarkan pembuluh darah. Bedarasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa asosiasi dokter internasional, salah satunya PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia), kopi adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu anda mengatasi darah rendah.  Konsumsilah satu hingga dua gelas kopi per hari untuk membantu anda mengatasi rasa lemah dan berkunang-kunang karena tensi darah yang sangat minim. Namun, konsumsi yang berlebihan akan mendorong produksi hormone adrenalin yang berlebihan berakibat pada penyakit tekanan darah tinggi. Selain itu, kafein yang ada pada kopi juga bisa membuat anda lebih segar.  Walaupun hanya bersifat temporer, kafein sangat berguna untuk membangkitkan energi anda yang sebenarnya ada, namun belum bangkit karena terhalang-halangi oleh rasa lemah yang diakibatkan oleh darah rendah.