Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Di Pagi Hari

DokterSehat.Com – Metabolisme tubuh bertanggungjawab mengubah kalori menjadi energi dari makanan yang kita cerna. Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh, semakin cepat proses pembakaran lemak yang bisa terjadi. Untuk itu, meningkatkan metabolisme di pagi hari akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

13

Sayangnya, metabolisme tidak serta-merta meningkat dengan sendirinya. Jika ingin meningkatkan pembakaran kalori di pagi hari, Anda harus memicu metabolisme agar bekerja lebih cepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme pagi hari.

Leta Shy, editor kesehatan dari PopSugar Fitnessberbagi lima cara mudah yang bisa dilakukan saat bangun tidur, dan secara potensial bermanfaat bagi kesehatan tubuh :

  1. Olahraga
    Tidak hanya membuat Anda merasa bugar, berolahraga di pagi hari berfungsi meningkatkan kinerja hormone serta proses metabolisme tubuh bahkan lebih dari waktu-waktu yang lain. Berdasarkan sebuah jurnal kesehatan pada tahun 2013, dengan membiasakan berolahraga di pagi hari saat matahari terbit akan membakar ekstra kalori serta lemak membandel di area perut dan pinggang.
  1. Intensitas olahraga
    Banyak anggapan mengatakan bahwa berolahraga seminggu dua kali cukup asalkan dilakukan dalam waktu yang lama. Padahal, nyatanya tidak benar! Olahraga secara intens setiap pagi selama kurang lebih 45 menit, selain bisa melatih kesehatan jantung bisa juga membakar lemak. Sebuah studi kesehatan menyarankan penambahan olahraga secara intens dalam waktu 2 hingga 5 menit di pagi hari mampu membakar 200 kalori lebih banyak dibanding olahraga regular yang tidak teratur.
  1. Sarapan tepat waktu
    Jangan pernah menunda sarapan, pakar kesehatan tidak menyarankan Anda melewatkan waktu serta menu sarapan hanya karena terlalu sibuk dengan rutinitas di pagi hari. Asupan makanan bergizi yang kaya serat terbukti ampuh menjaga kelancaran proses metabolisme tubuh. Berikan jeda waktu 20 hingga 30 menit setelah Anda bangun, dan mulailah sarapan untuk memberikan energi demi menjalani aktivitas harian.
  1. Latihan otot
    Selain mengencangkan dan memberikan bentuk proporsional pada tubuh. Ternyata, berolahraga dengan melatih otot lewat latihan rutin di pagi hari sangat baik mengontrol hormon dan kinerja organ tubuh terutama dalam pembakaran lemak dan proses metabolism tubuh. Tambahkan sesi latihan otot minimal 10 menit setiap paginya.
  1. Makanan ringan saat midmorning
    Midmorningadalah waktu antara pukul 9 hingga setengah sebelas pagi. Bedakan persepsi camilan biasa dengan camilan sehat di waktu midmorning. Secara pasti kebiasaan ini bisa menurunkan berat badan, namun dengan catatan pastikan memilih makanan sehat yang rendah kalori, berserat dan bergizi seimbang. Pilihan terbaik adalah mengandung protein dan antioksidan tinggi demi peningkatan fungsi metabolism lebih ekstra.