Cara mudah menyehatkan organ limpa di dalam tubuh

DokterSehat.Com – Limpa adalah salah satu organ tubuh yang terletak di rongga perut sebelah kiri atas, limpa berfungsi untuk menghasilkan cairan yang disebut getah bening. Cairan ini membantu mencerna makanan dan membersihkan darah, limpa juga berfungsi untuk menyehatkan dua organ tubuh penting lainnya yaitu hati dan ginjal.



Organ limpa di dalam tubuh akan senantiasa sehat dan kuat bila anda selalu memberikan perawatan terbaik, salah satu organ tubuh yang jarang mendapatkan perhatian adalah limpa. Letak dari organ ini ada pada rongga perut sebelah kiri atas, organ ini memiliki tugas untuk menghasilkan cairan getah bening yang bermanfaat untuk membersihkan darah dan mencerna makanan. Bila limpa tidak berjalan sebagaimana mestinya, organ ginjal dan hati bisa mengalami kerusakan, demi menjaga kesehatan limpa, simak tips sehat berikut ini :

  • Menarik napas panjang
    Tubuh Anda terdiri dari cairan getah bening yang lebih banyak daripada darah. Cairan getah bening ini akan mengangkut racun di dalam darah dengan dibantu oleh alat pernapasan Anda. Jadi, saat bernapas tariklah napas yang panjang dan hembuskan perlahan.
  • Berolahraga
    Olahraga memastikan sistem limpa atau sistem getah bening tetap sehat. Salah satu jenis olahraga terbaik untuk menyehatkan sistem limpa Anda adalah dengan bermain trampolin yang secara otomatis akan meningkatkan aliran getah bening.
  • Minum banyak air
    Tanpa air yang cukup, cairan getah bening tidak dapat mengalir dengan baik di tubuh Anda. Salah satu cara terbaik untuk memastikan agar air mudah diserap oleh sel-sel tubuh adalah dengan menambahkan cairan lemon kedalamnya.
  • Menghindari konsumsi soda
    Soda mengandung banyak gula yang akan menambah beban kerja dari sistem getah bening Anda.
  • Mengonsumsi buah
    Enzim dan asam yang ada di dalam buah adalah cairan pembersih limpa yang baik. Salah satu waktu terbaik untuk mengonsumsi buah adalah dengan mengonsumsinya di saat perut kosong sebab penyerapan nutrisinya akan lebih maksimal.
  • Mengonsumsi banyak sayuran
    Sayuran hijau mengandung klorofil yang baik untuk membersihkan darah dan cairan getah bening Anda.
  • Mengonsumsi kacang-kacangan
    Kacang-kacangan mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan getah bening Anda. Jadi tidak ada salahnya apabila Anda memperbanyak konsumsi kacang kenari, kacang almond, dan kacang tanah.
  • Mengonsumsi teh
    Teh adalah minuman herbal yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari mengonsumsi teh adalah baik untuk kesehatan getah bening Anda.
  • Pijat
    Pijat adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan limpa Anda. Sebab pijat mampu memperlancar aliran getah bening Anda.
  • Mandi dengan air panas dan air dingin secara bergantian
    Mandi dengan air panas dapat melebarkan pembuluh darah Anda, sedangkan mandi dengan air dingin mampu menutup kembali pembuluh darah tersebut. Hindari jenis terapi ini jika Anda memiliki masalah dengan jantung Anda.
Baca Juga:  Asma Bisa Semakin Memburuk Jika Kita Melakukan Hal-hal Berikut

Itulah beberapa langkah kesehatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan limpa Anda.