Cara Mudah Mengobati sinusitis

DokterSehat.Com – Sinusitis merupakan peradangan yang serius pada rongga hidung yang bisa berlangsung bertahun-tahun jika tidak diobati dengan tepat. Secara visual orang yang kena sinusitis tidaklah terlihat seperti orang sakit namun Gejala yang timbul karena sinusitis ini sangat mengganggu penderitanya diantaranya nafas bau, sakit kepala, hidung tersumbat dan lain sebagainya.

4195919691_1dd18a0d3b_b

Pengobatan

Dalam penyakit sinusitis dan pengobatannya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra karena penyakit sinusitis memang harus diobati secara rutin. Jika pengobatan yang dilakukan berhenti di tengah jalan maka penyakit sinusitis besar kemungkinannya akan kambuh lagi. Ada beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan pada penderita sinusitis dengan cara yang tradisional dan mudah dilakukan :

• Air hangat
Cara ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara menkonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Rambut silia yang biasanya terdapat lendir akan segera mengeluarkan lendir dari hidung ketika tubuh merasa hangat. Lakukanlah secara rutin setiap hari.

• Menghirup uap air hangat
Pertama siapkan air satu gayung ditambah garam kemudian rebus sampai mendidih. Setelah mendidih hiruplah uap dari air panas tersebut secara dalam-dalam. Akan lebih baik jika menggunakan handuk yang dicelupkan pada air panas tersebut kemudian diikatkan ke kepala dan hirup uap yang dihasilkan sampai handuk terasa dingin. Lakukanlah secara rutin 3 kali sehari sampai sinusitis mereda.

• Mengompres dengan air hangat
Cara ini dapat dilakukan dengan mengompres wajah dengan air hangat. Gunakan handuk kecil dan ditempatkan pada area sekitar pipi. Hal ini akan mendorong rambut silia untuk mengeluarkan lendir dari sekitar mata dan dari dalam hidung. Lakukanlah secara rutin.

Selain melakukan hal diatas penderita penyakit sinusitis dan pengobatannya juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat menyembuhkan sinusitis, diantaranya adalah :

Baca Juga:  Cara Alami Tingkatkan Hormon Pertumbuhan

•Makanan yang berbahan teripang
Para penderita sinusitis dapat mengkonsumsi teripang secara mentah atau dalam olahan masakan yang disukai. Atau bisa juga mengkonsumsi ekstrak teripang yang banyak dijual di apotek terdekat.

•Makanan dengan vitamin C
Selain dapat mengobati sinusitis vitamin C juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ada banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti jeruk, apel, pome, cabai, dan lain-lain.

Penyakit sinusitis dan pengobatannya juga dapat dilakukan dengan mengurangi kontak tubuh dengan polusi seperti debu dan asap kotor yang dapat memperparah penyakit yang satu ini. Para penderita sinusitis juga dianjurkan untuk tidak tidur dengan menggunakan kasur yang berbahan kapuk kapas karena akan menimbulkan debu yang akan dihirup oleh penderita dan akan memperparah penyakit sinusitis.

BACA JUGA : Leukemia Bukanlah Vonis Mati