Cara Mudah Menghitung Masa Subur

Dokter Sehat – Proses kehamilan adalah salah satu hal yang paling banyak ditunggu oleh pasangan baru dan ini adalah momen yang benar benar mendebarkan bagi ibu muda, ada beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan bagi beberapa pasangan untuk persiapan kehamilan diantaranya adalah dengan mengetahui siklus menstruasi dan juga masa subur kandungan Anda. Lantas, bagaimana cara menghitung masa subur kandungan Anda? Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui masa subur ini, mulai dari menghitung dengan kalender ataupun dengan kalkulator masa subur.



Cara menghitung masa subur sangat penting dan merupakan pengetahuan vital dalam berumah tangga, mengapa saya menyebutkan cara menghitung masa subur sangat vital ? karena tanpa mengetahui caranya anda tidak akan pernah dapat mengontrol program kehamilan anda. Namun Jika anda sudah bisa menghitung masa subur dengan tepat berarti anda sudah bisa mengontrol program kehamilan anda, baik itu mau cepat mendapatkan kehamilan ataupun ingin mencegah kehamilan dengan tidak menggangu aktivitas sex dalam rumah tangga.

Bagi yang menginginkan hamil secepatnya bisa menjadikan masa subur sebagai patokan untuk melakukan hubungan seksual, karena pada masa ini sedang terjadi ovulasi, hal ini akan memungkinkan terjadinya kehamilan dengan presentase yang cukup besar. Begitu juga sebaliknya yang mau menunda kehamilan dikarenakan sesuatu hal,bisa menghindari hubungan seksual pada masa ini.

Sebenarnya cara menghitung masa subur wanita ada banyak metode yang bisa digunakan, seperti sistem kalender, maupun dengan menggunakan alat maupun sofware yang banyak tersebar di Internet. Software ini bisa anda cari di mbah google maupun di yahoo, nah dalam postingan ini akan kita bahas satu-persatu cara menghitung masa subur dengan berbagai metode yang bisa digunakan.

1.Sistem kalender
Sistem yang pertama yang bisa anda gunakan dalam cara menghitung masa subur yaitu dengan sistem kalender, sistem ini pun terbagi menjadi 2 cara :
•Jika anda termasuk wanita yang siklus haidnya teratur, masa subur anda berlangsung 14 +/- 1 hari haid setelahnya. Artinya masa subur terjadi hari ke 13 sampai dengan hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.
•Namun jika siklus haid anda tidak teratur maka cara yang harus dilakukan pertama tama harus mencatat lama siklus haid minimal selama 6 siklus, dari jumlah hari pada siklus terlama, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus tersebut. Contoh : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20. Nah itulah cara menghitung masa subur berdasarkan sistem kalender.

Baca Juga:  Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Payudara Mudah Kendur

2.Melihat mukus vagina
Cara selanjutnya menghitung masa subur dengan melihat sifat mucus, namun cara ini merupakan cara yang sulit dan dibutuhkan latihan serta kejelian. Sebenarnya untuk lebih jelasnya anda bisa konsultasikan dengan dokter, tapi tidak ada salahnya anda melakukan sendiri, sekalian belajar metode ini. Periksa lendir yang keluar dari mulut rahim dengan menggunakan ibu jari, rekatkan lendir sehngga memanjang sekitar 2-3cm. Jika lendir tidak putus maka anda dalam masa subur, begitu juga sebaliknya. Untuk cara ini sebaiknya dipastikan dengan konsul ke dokter, keakuratan metode ini 60-70%.

3.Mengukur suhu basal tubuh
Metode ketiga menghitung masa subur dengan mengukur tempratur basal tubuh, cara ini sangat mudah namun harus rutin selama 1 minggu. Caranya yaitu;gunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh karena biasanya dalam masa ovulasi suhu tubuh akan meningkat, catat perubahan suhu tubuh anda setiap hari sebelum beranjak dari tempat tidur. Jika anda dalam masa subur suhu tubuh akan meningkat 1-1,5 dari suhu tubuh normal, selama menggunakan metode ini hindari tidur dengan ac maupun lampu yang panas,dan tidak dalam keadaan demam, karena keakuratan dalam menghitung masa subur metode ini adalah suhu harus alami.