Cara Mudah Mengatasi Nyeri Kaki

DokterSehat.Com – Seiring dengan perkembangan zaman, manusia pun cenderung akan jauh lebih aktif dalam melakukan berbagai aktifitas layaknya bersekolah, bekerja, atau bahkan sekadar berkumpul dengan kawan-kawannya. Kegiatan harian yang sangat banyak ini bisa memicu tubuh yang semakin lemah karena otot yang lebih pegal atau rasa kaku pada tubuh. Salah satu bagian tubuh yang mudah mengalami rasa nyeri karena efek samping aktifitas harian adalah bagian kaki. Kita sendiri bisa melakukan beberapa cara mudah untuk meredakan nyeri pada kaki dengan cara-cara berikut ini.

doktersehat-lutut-sakit

Tips pertama dan yang paling umum untuk meredakan rasa nyeri pada kaki tentu saja adalah dengan memberikan pemijatan pada kaki. Tak perlu pemijatan khusus atau pijat saraf, kita bisa melakukan pemijatan sederhana dengan tangan kita sendiri untuk melancarkan peredaran darah pada kaki. Telapak kaki dan punggung kaki bagian atas bisa dipijat dengan memakai minyak atau lotion dengan gerakan searah jarum jam dan lambat laun rasa nyeri pasti akan mereda.

Selain pemijatan, kita juga bisa meregangkan sendi-sendi pada area kaki. Putarlah pergelangan kaki setidaknya 10 kali dengan arah searah jarum jam secara perlahan-lahan dan kemudian lakukan gerakan sebaliknya 10 kali. Gerakan sederhana ini akan cukup efektif meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal. Selain itu, kita juga bisa memakai bola tenis yang kita injak dan putar-putar dengan telapak kaki di saat kita duduk santai. Gerakan memutar bola tenis ini ternyata bisa membuat tendon plantar fascia kaki yang tegang menjadi lebih rileks sehingga rasa pegal pun menghilang.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan mereka yang mengalami rasa nyeri pada kaki untuk merendam kakinya pada air hangat selama 10 atau 15 menit. Air hangat ini diyakini akan bisa membuat otot kaki menjadi lebih rileks sehingga ketegangan pun akan mereda. Sebaliknya, penggunaan es batu juga bisa dipakai sebagai alas kaki saat kita duduk. Layaknya mengompres dengan air dingin, es batu yang diinjak oleh kaki ternyata bisa membuat peradangan dan ketegangan pada kaki menjadi lebih reda.