Cara Mudah Mengatasi Bau Badan

DokterSehat.Com – Bau badan sering dirasa mengganggu bagi orang orang yang aktif beraktivitas terutama pada siang hari, bau badan dapat menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan timbulnya bau badan pada seseorang, salah satunya adalah keringat, keringat dapat membuat badan kita menjadi lembab terutama di daerah lipatan lipatan tubuh sehingga menjadi suatu media yang baik bagi pertumbuhan bakteri. Diantara bau yang dikeluarkan oleh tubuh, ketiak merupakan sumber utama dari bau badan pada seseorang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut diatas, yaitu pertama ketiak merupakan suatu daerah lipatan pada tubuh, sehingga menjadikan tempat tersebut lembab dan keringat mudah terperangkap di tempat tersebut. Faktor lain yaitu rambut pada ketiak yang merupakan tempat timbunan sekret dan bakteri sehingga pada akhirnya akan menambah bau pada ketiak.

doktersehat-ketiak-deodoran

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi bau badan yang mengganggu tersebut, yaitu :

  1. Mandi
    Mandi merupakan hal paling sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengurangi bau badan. Mandilah dua kali sehari, gosoklah semua bagian tubuh kita hingga bersih, terutama daerah lipatan lipatan tubuh dengan sabun. Setelah selesai keringkan seluruh badan agar tidak ada bagian yang lembab, karena daerah yang lembab mudah menjadi tempat berkumpulnya kuman.
  2. Mencukur rambut
    Rambut yang terdapat di beberapa daerah tubuh sebaiknya dicukur supaya tidak menghasilkan kelembaban yang berlebihan yang bisa menimbulkan bau badan.
  3. Pemakaian deodorant
    Setelah mandi gunakanlah deodorant, sebelum menggunakannya keringkan dulu badan dan lipatan tubuh dengan baik. Deodorant dapat berfungsi untuk memodifikasi bau badan.
  4. Mengenakan pakaian yang menyerap keringat
    Jenis bahan pakaian yang kita gunakan juga berpengaruh terhadap bau badan, gunakanlah bahan yang dapat dengan mudah menyerap keringat, hindarilah bahan bahan sintetis.
  5. Pergi berkonsultasi ke dokter
  6. Jika memang dengan beberapa cara diatas belum bisa mengurangi bau badan anda, pergilah ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut.