Cara Mudah Mendeteksi Gejala Kanker Kulit

DokterSehat.Com – Gejala kanker kulit sangat penting untuk dikenali secara dini karena saat ini kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang paling ganas, ribuan orang telah terkena penyakit ini di seluruh dunia. Penyakit ini merupakan neoplasma kulit yang ganas yang apabila dibiarkan tanpa perawatan medis khusus dapat berubah menjadi fatal. Orang yang menghabiskan banyak waktu di bawah matahari memiliki resiko yang besar terkena kanker kulit. Umumnya kanker kulit dikategorikan dalam dua kelompok oleh dokter, yaitu melanoma dan non-melanoma. Melanoma merupakan jenis sangat langka dan juga sangat sulit untuk disembuhkan. Namun, jenis kedua kanker dapat disembuhkan jika dapat terdeteksi secara dini.



Gejala

  • Bentuk
    Bentuk disini Ladies maksudnya ada benjolan pada kulit Anda tidak? Bentuknya seperti apa? Bulat? Atau datar? Ladies, kanker kulit pada umumnya ditunjukkan dengan munculnya benjolan atau bintik yang seperti tahi lalat atau kutil.
  • Warna
    Untuk benjolan biasanya berwarna lebih pucat jika dibandingkan dengan warna kulit di sekitarnya. Sedangkan untuk bintik yang muncul ada yang berwarna merah seperti habis digigit nyamuk dan ada juga yang berwarna hitam seperti flek hitam. Atau jika tumbuh kulit baru setelah regenerasi sel kulit biasanya muncul warna yang berbeda dari warna asli kulit Anda Ladies.
  • Tekstur
    Anda juga dapat melihat gejala kanker kulit dari segi teksturnya. Jika terasa kasar dan bersisik akan menimbulkan dua kemungkinan Ladies. Jika bukan salah sati dari gejala kanker kulit, bisa saja gejala penyakit gatal kulit.

Setiap perubahan pada kulit dapat menjadi gejala kanker, salah satu gejala paling umum dari kanker kulit yang merupakan timbulnya sakit atau adanya pertumbuhan pada kulit yang abnormal dan tidak dapat sembuh. Kadang-kadang pertumbuhan abnormal ini diwujudkan dalam bentuk benjolan. Biasanya benjolan ini halus, berkilau dan berwarna kemerahan. Kadang-kadang benjolan itu tampak kasar atau bersisik merah datar di kulit dan ini dapat menjadi gejala terjadinya kanker pada kulit. Oleh karena itu disarankan apabila anda mengenali adanya perubahan di kulit anda, maka anda harus mengunjungi dokter tanpa berpikir dua kali.