Cara Mudah Mencegah Radang Tenggorokan

DokterSehat.Com – Sakit tenggorokan atau yang akrab disebut dengan radang tenggorokan ini biasanya menghampiri kita pada saat musim kemarau atau pancaroba. Biasanya radang tenggorokan ini juga ditemani juga oleh batuk dan juga flu.



Jika radang tenggorokan yang masih tahap awal masih bisa dipaksakan untuk makan dan minum, sekalipun agak perih, namun pada penyakit radang tenggorokan tahap berikutnya tentu saja tak hanya sakit atau perih yang akan dirasakan, karena bisa berakibat infeksi yang membahayakan diri penderita.
Ada banyak cara untuk mencegah radang tenggorokan, salah satunya adalah dengan menerapkan cara hidup sehat di setiap kegiatan kita. Namun tak ada salahnya memahami tentang radang tenggorokan agar lebih mudah mencegah radang tenggorokan.

Gejala

  • Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri
    Dalam kondisi penyakit ini radang tenggorokan bisa dikategorikan parah karena dapat merambat pada katup jantung sehingga menimbulkan demam rhematik. Bagi anda yang belum tahu ciri-ciri radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, berikut adalah ciri-cirinya :
  1. Rasa sakit saat menelan ludah ataupun makanan
  1. Leher membengkak
  1. Bagian tenggorokan muncul bercak putih dan tenggorokan berwarna merah
  1. Suhu badan menigkat dengan disertai menggigil
  • Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus
    Jika mengalami gejala-gejala di bawah ini, maka kondisi ini terbilang penyakit tenggorokan yang lebih ringan. Pada biasanya orang akan mengkonsumsi antibiotik untuk melawan virus tersebut, akan tetapi penggunaan antibiotik yang terlalu sering justru akan membuat virus kebal dan menjadi sulit untuk diobati. Berikut ini adalah gejala radang tenggorokan yang diakibatkan oleh virus yang bisa diamati :
  1. Rasa perih, gatal dan kering pada tenggorokan
  1. Batuk dan bersin sampai membuat suara serak
  1. Mengalami sedikit demam
Baca Juga:  Jika Pendengaran Anda tidak Mau Rusak, Dengar Musik Jangan Keras-keras

Saat gejala radang tenggorokan menyerang anda, maka sebaiknya jauhi beberapa jenis makanan yang dapat memperparah kondisi tersebut, beberapa diantaranya adalah, aneka macam minuman dingin, ragam makanan yang berlemak, macam-macam gorengan, aneka makanan pedas dan segala jenis minuman atau makanan panas.
Pencegahan

  • Teh jahe untuk menyegarkan dan menghilangkan lendir di tenggorokan. Cara membuatnya adalah : memarkan satu ruas jahe kemudian rebus dengan setengah gelas air. Lantas setelah itu tambahkan air seduhan teh.
  • Teh chamomile disajikan dengan air hangat dengan tambahan satu sendok madu, teh chamomile bisa menyembuhkan radang tenggorokan.
  • Berkumur menggunakan air kunyit dan garam dapat membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan.
  • Daun kemangi selain dijadikan lalapan, bisa juga meredakan radang tenggorokan. Cara pengolahanya adalah dengan merebus daun kemangi, setelah itu kemudian Anda dapat meminum atau cuku berkumur saja menggunakan air rebusan kemangi tersebut
  • Madu dan lemon, caranya campurkan kedua bahan tersebut dengan segelas air hangat. Madu bermanfaat untuk antibiotik alami.
  • Menghisap uap air panas, yang ini memang cara tradisional yang biasa dilakukan oleh nenek moyang kita, tetapi cara ini terbukti mampu meredakan rasa nyeri pada tenggorokan.
  • Minum jus lemon tanpa gula, segar dan menyehatkan.
  • Meminum jus buah belimbing, manis dan segar serta kaya manfaat.