Cara Mudah Membentuk Otot Tubuh Hanya dalam Waktu 4 Minggu

DokterSehat.Com– Sebagian besar pria beranggapan bahwa memiliki tubuh kekar dan berotot adalah kebanggan tersendiri karena dengan memiliki bentuk tubuh tersebut, wanita akan mudah takluk dan tergila-gila. Sehingga, banyak dari mereka yang rela melakukan latihan ekstra di pusat kebugaran. Dan yang lebih mengerikan lagi mereka tak segan-segan menyuntikkan obat-obatan kimia sintesis agar dapat membentuk otot tubuh denga cepat dan mudah.

membentuk-otot-doktersehat

Photo Credit: pexels.com

Membentuk otot tubuh memanglah tidak mudah karena yang Anda butuhkan adalah waktu dan konsistensi dalam berolahraga. Anda disarankan untuk melakukan latihan fisik secara rutin agar otot tubuh mudah terbentuk. Dan tidak menutup kemungkinan akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Bagi sebagian pria yang tidak sabar menunggu terlalu lama, mereka akan melakukan jalan pintas seperti yang sudah dijelaskan di atas yakni dengan cara menyuntikkan obat-obatan kimia sinstesis yang tentunya akan memiliki dampak negatif untuk kesehatan.

Tanpa menggunakan cara tersebut, sebenarnya ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membentuk otot tubuh dengan mudah dan cepat yakni dengan cara metode latihan piramid.

Metode ini menargetkan setiap kategori serat otot dengan memaksa seluruh otot untuk bekerja keras serta mempersiapkan otot Anda untuk mengangkat beban di setiap set latihan. Dengan metode ini Anda dijanjikan akan mendapatkan bentuk otot yang sempurna hanya dalam waktu 4 minggu saja. Cukup menarik bukan? Cara mengaplikasikan metode latihan piramid adalah sebagai berikut:

  • Waktu

Anda membutuhkan waktu 50 menit untuk per sesi latihan dan termasuk pemanasan.

  • Set Latihan

Latihan ini Anda lakukan seminggu sekali dengan set latihan A, B, dan C. Latihan A untuk membentuk otot bahu dan lengan yang terdiri dari gerakan Lateral raise, Lying Cuban press, Concentration curl (Set Piramid Terbalik). Latihan B untuk mebentuk otot dada dan daerah punggung yang terdiri dari gerakan Upright row, Incline dumbbell press, Reverse-grip bend-over row, Cable pullover. Latihan C untuk membantuk otot paha dan core yang terdiri dari gerakan Dumbbell step-up, Romanian deadlift, Cable crunch, Standing cable Russian twist.

  • Pemanasan
Baca Juga:  3 Kiat Merubah Lemak Menjadi Otot dalam Waktu Cepat

Pemanasan bisa Anda lakukan dengan melakukan latihan tanpa beban seperti squat jump dan lunge.

  • Set dan Repitisi

Gerakan pertama dalam setiap latihan harus menggunakan metode set piramid 12 repitisi, 10 repitisi, 8 repitisi, dan 6 repitisi sedangkan untuk gerakan terakhir menggunakan set piramid terbalik seperti 6 repitisi, 8 repitisi, 8 repitisi, dan 12 repitisi. Jadi, Anda harus lakukan latihan ini sebanyak 4 set.

  • Beban

Anda bisa menggunakan beban yang bisa Anda angkat di setiap repitisi. Semakin banyak repitisi yang Anda lakukan, semakin ringan pula beban yang digunakan.

  • Istirahat

Waktu istirahat untuk latihan ini hanya 1 menit dalam setiap set. Namun jika Anda menggunakan beban yang cukup berat, Anda bisa beristirahat lebih lama sekitar 3 menit.

  • Tempo

Saat Anda mengangkat beban ke atas, Anda hanya dapat mengangkatnya dalam waktu 1 detik dan menahan di posisi atas selama 2 menit lalu turunkan.