Cara Mudah dan Praktis Meredakan Sakit Gigi

DokterSehat.Com – Semua orang yang pernah sakit gigi tentu tahu bagaimana parahnya rasa sakit yang dialami, sakit gigi biasanya disebabkan oleh pembengkakan gusi atau kebiasaan makan yang salah. Cara terbaik untuk menyembuhkan sakit gigi tentunya adalah dengan memeriksakannya ke dokter.



Namun jika Anda mencari cara cepat agar rasa sakit pada gigi segera hilang saat di rumah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa cara cepat untuk mengatasi sakit gigi dengan bahan-bahan yang ada di rumah Anda :

  • Cengkeh
    Cengkeh memang sudah terkenal sebagai pereda sakit gigi. Ini karena cengkeh memiliki kandungan anti radang, anti bakteri, dan anestetik, selain kaya juga akan kandungan anti oksidan. Kandungan tersebut pun bisa meredakan sakit gigi sekaligus mengatasi infeksi. Anda bisa cukup mengambil cengkeh dan meletakkan di bagian gigi yang sakit. Setelah itu gigit kuat. Atau cara lainnya adalah dengan menumbuk beberapa cengkeh dan campur dengan minyak sayur baru oleskan ke bagian gigi yang sakit.
  • Bawang putih
    Bawang putih dikenal akan kandungan obatnya dan juga sebagai anti biotik. Bawang putih juga sangat efektif untuk menghambat efek-efek yang ditimbulkan oleh bakteri. Cukup kunyah beberapa siung bawang putih untuk meredakan sakit gigi. Atau Anda bisa menumbuk bawang putih dengan garam terlebih dahulu baru oleskan campuran tersebut ke bagian gigi yang sakit.
  • Bawang bombay
    Bawang bombay bisa meredakan sakit gigi sekaligus membunuh kuman-kuman yang menyebabkan infeksi. Ini karena bawang bombay memiliki kandungan anti mikroba dan anti septik. Cukup kunyah beberapa potong bawang bombay. Atau bisa juga meletakkan potongan bawang bombay mentah ke bagian gigi yang sakit.
  • Es batu
    Bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, menggunakan es untuk meredakan sakit gigi sepertinya bukan sebuah solusi. Tapi ternyata es batu bisa mengurangi rasa sakit gigi dengan membuat saraf dan gusi jadi mati rasa. Anda bisa menyiapkan es batu yang dimasukkan ke dalam kantung plastik atau dibalut dengan selembar kain. Setelah itu kompres pipi Anda dengan menggunakan es batu tersebut selama beberapa menit. Anda juga bisa meletakkan es batu langsung ke bagian gigi yang sakit, tapi jika saraf yang sakit itu terbuka maka kondisinya bisa makin parah.
  • Air hangat dan garam
    Campurkan segelas air hangat dengan 1 sdt garam. Gunakan sebagai air kumur. Campuran air hangat dan garam bisa mengeluarkan cairan dari jaringan gigi yang sakit sehingga bisa mengurangi pembengkakan pada saraf.
Baca Juga:  Varicella (Chicken Pox)

Teknik dan cara di atas pada dasarnya adalah solusi sementara untuk sakit gigi yang Anda derita, sangat disarankan untuk langsung menghubungi dokter apalagi jika sakit gigi tak kunjung sembuh.