Cara Mudah Cek Kesehatan Vagina

DokterSehat.Com– Sebagian wanita mungkin canggung untuk memeriksakan kesehatan organ intimnya. Padahal area sensitif wanita ini rentan terkena infeksi akibat jamur atau bakteri.

doktersehat-Gonore-Kencing-Nanah-keputihan-celana-dalam-vagina

Sebelum terlambat, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan vagina Anda. Sebagai pemeriksaan awal, Anda bisa melakukan tes di rumah dengan cara seperti yang dilansir Krespoholic berikut ini:

Perhatikan cairan vagina
Wanita yang telah mengalami menstruasi memiliki cairan di vaginanya. Tiap wanita mempunyai cairan vagina yang berbeda. Jika cairan yang dikeluarkan berwarna bening, cair, dan tidak bau menandakan kondisi vagina yang sehat. Tapi, bila cairan yang dikeluarkan berwarna kuning, hijau, pekat, kental, dan bau tidak sedap tandanya vagina mengalami infeksi.

Bersihkan vagina dengan benar
Letak vagina yang berdekatan dengan anus bisa menyebabkan bakteri dapat dengan mudah berpindah jika Anda salah membersihkan vagina. Bersihkan vagina dari arah depan ke belakang, tapi jangan lakukan berulang-ulang. Bila ingin mengulanginya, cucilah tangan Anda beberapa kali sebelum membersihkan vagina lagi.

Raba vagina Anda
Waspadai jika terdapat benjolan pada vagina Anda. Bisa jadi benjolan itu pertanda adanya penyumbatan yang disebabkan infeksi. Segera periksakan ke dokter untuk dilakukan tindakan medis sebelum kondisinya memburuk.