Sederhana! Ini 3 Cara Mudah Atasi Morning Sickness

Bahaya-anemia-ibu-hamil-janin-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Ibu hamil kerap mengalami morning sickness atau merasa kelelahan yang sangat pada pagi hari? Morning sickness yang dialami ibu hamil pada usia kehamilan diatas 6 hingga 9 minggu memangt sangat mengganggu, ya.

Hal ini kerap dianggap sepele, karena selalu terjadi pada hampir semua ibu hamil, padahal sebenarnya kondisi ini harus segera ditangani karena bisa menyebabkan reaksi lain yang bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin.

Dr. Marjorie Greenfield, dari situs Parents menyebutkan bahwa lebih dari 50-70% ibu hamil akan mengalami kondisi morning sickness.

Kondisi ini akan membuat ibu hamil cenderung merasa lelah dan lemas, sulit tidur pada malam hari hingga tubuh mengalami mual pada pagi hari.

doktersehat-mual-hamil

Jika tidak segera diatasi, kondisi ini akan menyebabkan ibu hamil mengalami muntah dan reaksi akibat mual lainnya, yang kemudian berisiko membuat ibu hamil kekurangan gizi jika muntah terus menerus. Lantas, bagaiamana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi morning sickness, yang merupakan suatu hal yang wajar terjadi akibat perubahan hormon.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi keparahan reaksi. Hal ini dilakukan dengan memilih bahan makanan atau minuman yang tepat serta melakukan beberapa hal yang membuat ibu merasa rileks. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Pilih makanan dengan tekstur kering dan tanpa rasa

Meskipun tidak ingin makan, ibu hamil tetap dianjurkan mengonsumsi sesuatu saat mengalami morning sickness. Hal ini dapat membantu mengurangi reaksi mual sehingga mencegah terjadinya muntah.

Makanan yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil saat mengalami morning sickness adalah makanan yang kering dan tidak memiliki banyak rasa seperti biskuit, roti bakar tanpa mentega atau margarin, atau jajanan lain yang diolah tanpa lemak.

doktersehat-cokelat-biskuit-cookies
pic credit: inna dee

Hal ini penting untuk mendukung asupan energi yang cukup dalam tubuh ibu sehingga tubuh tidak mudah lemas atau lelah akibat morning sickness.

2. Selalu terhidrasi dengan memilih minuman yang tepat

Selain memilih makanan yang tepat, ibu hamil juga harus memerhatikan bahwa tubuh harus tetap terhidrasi. Hal ini bisa mendukung pemenuhan asupan cairan harian serta mencegah tubuh ibu mengalami lemas saat pagi hari.

doktersehat-manfaat-teh-rooibos
Photo Credit: Pexels.com/
freestocks.org

Ibu hamil bisa memilih minuman yang tepat misalnya air putih, teh hijau tawar hangat atau teh dari bahan rempah atau bumbu alami lainnya.

Selain itu, minuman dari jahe bisa jadi pilihan super untuk mengatasi mual pada ibu hamil. Pastikan agar minuman yang ibu pilih tidak disajikan dengan banyak gula, baik gula pasir maupun gula buatan, ya.

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Jika ibu hamil tidak ada nafsu untuk minum, atasi hal ini dengan mengonsumsi makanan yang kering dan gurih terlebih dahulu, misalnya keripik yang dipanggang atau olahan dari keju yang akan merangsang ibu hamil merasa haus.

3. Istirahat seharian dan mencium aroma segar

Selain dari pilihan makanan dan minuman, perhatikan bahwa hal penting untuk mengatasi dan mencegah terjadinya morning sickness adalah ibu hamil beristirahat dengan cukup, utamanya pada awal hari.

facial-aromatherapy-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Kondisi ini membuat ibu bisa lebih tenang dan mengurangi reaksi akibat terjadinya morning sickness.

Selain itu, usahakan untuk ibu merasa rileks dari bau-bauan. Misalnya bau dari daun atau bunga yang segar, ekstrak buah lemon atau bau yang menyegarkan lainnya. Hal ini bisa membuat ibu merasa tenang dan dapat memengaruhi produksi hormon, kondisi ini selanjutnya dapat menyebabkan berkurangnya reaksi mual pada tubuh saat mengalami morning sickness.