Lengkap, Cara Mudah atasi Ibu Hamil yang Tak Nafsu Makan

DokterSehat.Com– Sudah menjadi suatu hal yang lumrah bahwa ibu hamil haruslah memenuhi asupan gizi yang penting selama kehamilan, ya.

Salah satu hal penting dalam memenuhi asupan gizi saat hamil tentu saja dari pemilihan makanan yang tepat. Hal ini kerap dianggap mudah, padahal nyatanya ada cukup banyak hal yang menyebabkan asupan makanan ibu jadi tidak tepat, salah satu penyebabnya adalah ibu tidak nafsu makan.

Ya, selama ini kondisi mual dan muntah pada ibu hamil kerap menjadi sorotan yang dianggap cukup berbahaya. Mual dan muntah memanglah sangat memengaruhi asupan gizi dalam tubuh ibu, namun hal ini juga akan menyebabkan reaksi tidak nafsu makan yang akan memperparah berkurangnya asupan gizi.

Nafsu makan memiliki peran penting dalam pemenuhan asupan gizi ibu hamil

Nafsu makan yang rendah tersebut sangat memengaruhi asupan gizi dalam tubuh, padahal ibu hamil haruslah selelu memenuhi asupan gizi, apalagi seteleh mengalami muntah.

Selain itu, nafsu makan yang rendah kerap memunculkan reaksi tidak nafsu yang berbeda-beda. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh usia kehamilan atau trimester kehamilan.

Nafsu makan yang rendah ini kemudian memengaruhi tidak terpenuhinya asupan gizi tertentu yang harus dipenuhi sesuai kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Pemilihan-makanan-sehat-bumil-1
Pemilihan makanan sehat ibu hamil selama kehamilan

Untuk itu, ibu hamil harus selalu mengonsumsi makanan padat gizi yang akan mendukung tumbuh kembang janin optimal meskipun sedang tidak nafsu makan.

Cara mengatasi rasa tak nafsu makan pada ibu hamil

Disinilah peran penting mengatasi nafsu makan yang rendah berdasarakan usia kehamilan, yang dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

1. Mengatasi tidak nafsu makan saat trimester pertama

Pada trimester pertama, reaksi mual dan muntah sangat sering terjadi sehingga kondisi tak nafsu makan cenderung paling besar terjadi pada usia kehamilan ini. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa hal ini:

  • Penuhi kebutuhan cairan
  • Mual muntah yang parah membuat ibu hamil rentan kekurangan cairan dalam tubuh. Untuk itu, jika sedang tak nafsu makan maka usahakan ibu hamil mengonsumsi minuman yang membuat tubuh terhidrasi dan mengurangi rasa mual misalnya air jahe atau air dengan lemon.

  • Mengonsumsi makanan ringan
  • Memilih makanan yang cenderung kering, misalnya biskuit bisa jadi meningkatkan nafsu makan. Penamabahan selai kacang agar rasa gurih dari biskuit semakin meningkat sehingga keinginan makan ibu semakin besar.

    doktersehat-cokelat-biskuit-cookies
    pic credit: inna dee
  • Konsumsi vitamin B kompleks
  • Vitamin B utamanya vitamin B6 terbukti menekan rasa mual dan menjaga nafsu makan ibu selama hamil.

2. Tidak nafsu makan pada trimester kedua

Pada trimester kedua, umumnya nafsu makan ibu tidak serendah saat trimester awal.

doktersehat-suplemen-kolesterol

Akan tetapi, kemungkinan tidak nafsu makan bisa saja terjadi sehingga ibu dianjurkan tetap menerapkan tips pada trimester pertama dan pertimbangkan untuk mengimbangi dengan konsumsi suplemen kalsium, asam folat dan omega 3 yang penting untuk tumbuh kembang bayi trimester kedua.

3. Cara mengurangi rasa tidak nafsu makan saat trimester ketiga

Pada trimester ketiga ini ibu hamil lazimnya merasa nafsu makannya suah cukup baik, namun rasa nafsu makan yang rendah setelah mengonsumsi makanan pada beberapa suap saja bisa terjadi.

alpukat-avocado-doktersehat-1024

Untuk itu tetap terapkan tips pada trimester sebelumnya sembari meningkatkan konsumsi makanan yang kaya serat namun tetap memiliki cita rasa. Misalnya alpukat, roti gandum dengan selai buah alami, sayuran hijau dengan bumbu bubuk alami atau kaldu alami dan biji bunga matahari.

Manfaat-dan-Kandungan-Biji-Matahari-doktersehat
Photo Credit: flickr/ tOrange.biz

Selain mampu mengatasi nafsu makan yang rendah, asupan makanan tinggi serat penting untuk melancarkan pencernaan ibu pada masa jelang persalinan.