Metadon – Cara Minum dan Cara Penyimpanan

DokterSehat.Com– Gunakan persis seperti yang ditentukan oleh dokter atau sesuai aturan pakai. Jangan pernah menggunakan Metadon dalam jumlah yang lebih banyak, atau lebih lama dari yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Ikuti petunjuk pada label resep Anda. Beritahu dokter Anda jika obat tersebut sepertinya berhenti bekerja dengan baik untuk menghilangkan rasa sakit Anda.

doktersehat-obat-minum-pneumonia

Seperti obat-obatan narkotika lainnya, metadon bisa memperlambat pernapasan Anda, bahkan efek memperlambat napas ini dapat terjadi lama setelah efek penghilang rasa sakit hilang. Kematian bisa terjadi jika pernapasan menjadi terlalu lemah. Jangan pernah menggunakan lebih banyak metadon daripada yang telah ditentukan dokter Anda. Hubungi dokter Anda jika Anda berpikir obatnya tidak bekerja.

Ketika metadon digunakan sebagai bagian dari program pengobatan untuk kecanduan atau detoksifikasi obat, Anda akan menerima obat melalui klinik atau apotek khusus.

Dokter Anda mungkin menyarankan agar metadon diberikan kepada Anda melalui anggota keluarga atau pengasuh lainnya (tidak langsung kepada Anda). Ini untuk memastikan Anda menggunakan obat seperti yang ditentukan oleh dokter.

Bentuk konseling dan/ atau pemantauan tambahan mungkin direkomendasikan selama pengobatan dengan metadon.

Metadon tersedia dalam bentuk tablet, tablet dispersible, sirup (cair) dan suntikan. Bentuk pil dan sirup metadon tidak boleh digunakan untuk injeksi metadon (suntikan).

  • Ukur jumlah sirup metadon dengan sendok atau cangkir pengukur dosis khusus, bukan sendok biasa. Jika Anda tidak memiliki alat pengukur dosis, tanyakan pada apoteker Anda.
  • Tablet dispersed metadon (Disket) dibuat untuk dilarutkan dalam air. Jangan mengunyah, menghancurkan, atau menelan keseluruhan tablet. Tempatkan tablet ke dalam gelas berisi 4 ons jus jeruk, atau minuman non-alkohol rasa jeruk lainnya dan biarkan tablet menyebar dalam cairan. Tablet tidak akan larut sama sekali. Minumlah campuran ini segera. Untuk memastikan Anda mendapatkan seluruh dosis, tambahkan sedikit cairan ke gelas yang sama, putar perlahan dan segera minum sisanya.
Baca Juga:  Metadon - Sediaan, Indikasi, dan Efek Samping

Simpan pada suhu kamar dan hindari kelembaban dan panas.

Setelah Anda berhenti menggunakan obat ini, buang pil yang tidak terpakai ke toilet.

Catat berapa banyak obat ini yang telah digunakan. Metadon adalah obat keras dan Anda harus sadar jika ada orang di rumah sakit yang menggunakan obat ini dengan tidak benar atau tanpa resep dokter.

Apa yang terjadi jika saya melewatkan satu dosis (Diskets, Dolophine, Methadose)?
Gunakan dosis yang terlewat segera setelah Anda ingat. Lewati dosis jika sudah hampir waktunya untuk dosis terjadwal berikutnya. Jangan menggunakan obat tambahan untuk mengganti dosis yang tidak terjawab.

Jika Anda melewatkan dosis lebih dari 3 hari berturut-turut, hubungi dokter Anda untuk mendapatkan petunjuk. Anda mungkin perlu memulai kembali metadon dengan dosis lebih rendah.

Metadon – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5