Cara Meringankan Pilek

DokterSehat.Com – Banyak orang yang bergegas menyembuhkan pilek dengan berbagai cara. Tapi, menurut penelitian batuk dan pilek sebenarnya tidak dapat disembuhkan.

doktersehat-influenza-sinus

Pilek dapat sembuh sendiri tanpa perlu pengobatan. Yang bisa anda lakukan sebenarnya hanya meredakan atau mempercepat penyembuhannya.

Mengonsumsi vitamin C dan sup ayam terbukti dapat meringankan penderitaan yang Anda alami saat pilek. Selain itu, tablet hisap zinc juga mampu mengurangi rasa tidak nyaman. Namun, bukan hirupan zinc yang diperlukan karena dapat mengakibatkan rusak permanen pada indra penciuman Anda.

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa hal yang dapat meengurangi penderitaan Anda ketika terserang pilek, seperti yang diungkapkan oleh Dr Mehmet C Oz, MD.

Vitamin C
Segeralah konsumsi vitamin C jika Anda mulai terserang pilek. Konsumsilah vitamin C sebanyak 2–3 gram setelah mengalami pilek dilanjutkan dengan 1-2 gram tiap beberapa jam selama 36–48 jam setelahnya. Hal ini bisa lebih cepat mengurangi infeksi.

Mengonsumsi  vitamin C setelah 24–36 jam pertama setelah muncul gejala pilek tidak akan memberikan hasil apapun. Oleh karena itu, segera konsumsi vitamin C bila gejala pilek sudah muncul. Dengan demikian pilek yang Anda derita dapat dipersingkat hingga 2–3 hari dibandingkan jika dalam sembilan hari Anda tidak mengonsumsi vitamin C.

Sup ayam
Infeksi saat pilek dapat diringankan dengan mengonsumsi sup ayam. Sup ayam dipercaya dapat meningkatkan sisitem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Zinc (Seng)
Zinc merupakan salah satu mineral yang terbukti dapat membantu mempersingkat waktu pilek rata-rata.