Cara Meredakan Nyeri Payudara Menjelang Siklus Menstruasi

DokterSehat.Com – Meskipun kerap kali membawa rasa nyeri dan kram pada perut yang sangat menyiksa, siklus menstruasi adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh kaum wanita setiap bulannya. Dengan adanya siklus menstruasi yang lancar, maka darah kotor pun akan dikeluarkan dari tubuh dan menandakan tubuh dalam keadaan normal dan sehat. Sayangnya, siklus menstruasi ini disertai dengan adanya perubahan hormon yang bisa membuat tubuh terasa sakit, sakit kepala hebat, suasana hati yang tidak menentu, hingga rasa nyeri pada payudara yang bisa disertai dengan pembengkakan. Kita sendiri bisa melakukan beberapa cara untuk meredakan rasa nyeri pada payudara saat siklus menstruasi tiba.

doktersehat-sakit-perut-Inkontinensia-Usus

Nyeri pada payudara saat siklus menstruasi akan sangat menyiksa dan bahkan beberapa wanita melaporkan jika mereka kesulitan untuk tidur karena rasa nyeri ini. Untuk mengatasi hal ini, wanita bisa memakai bra dengan ukuran yang tepat dan membuat payudara merasa nyaman tanpa adanya tekanan. Bra yang kurang nyaman dipakai akan membuat rasa nyeri dan pembengkakan menjadi lebih buruk, khususnya jika wanita memiliki kegiatan yang cukup aktif. Jika diperlukan, kita juga bisa mengkonsumsi pereda nyeri jika memang rasa nyeri sudah semakin tidak tertahankan meskipun kita tentu harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Saat siklus menstruasi tiba, kaum hawa disarankan untuk mengubah pola makannya menjadi lebih sehat sehingga rasa nyeri pada payudara pun bisa dicegah. Pakar kesehatan berkata jika makanan dengan kandungan garam tinggi ada baiknya dihindari saat siklus menstruasi tiba mengingat kandungan ini bisa membuat retensi air dan pembengkakan pada payudara. Makanan yang kaya dengan kandungan gula atau lemak juga sebaiknya dihindari setidaknya seminggu sebelum siklus menstruasi tiba. Hal yang sama berlaku pada minuman berkafein, ada baiknya kita mengurangi porsi minuman ini untuk mencegah nyeri yang berlebihan.

Baca Juga:  Apa Akibatnya Jika Kekurangan Asam Folat & Vitamin B12?

Beberapa jenis vitamin layaknya vitamin A, vitamin B6, dan vitamin E sebaiknya dikonsumsi oleh wanita yang mengalami gejala nyeri pada payudara saat siklus menstruasi tiba. Vitamin-vitamin tersebut diyakini mampu membuat pembengkakan pada payudara menjadi minimal dan rasa nyeri pun mereda. Vitamin-vitamin tersebut juga bisa membuat hormon-hormon yang biasanya meningkat saat siklus menstruasi menjadi lebih seimbang sehingga rasa nyeri pun akan jauh mereda.