Cara Merawat mata yang baik

DokterSehat.Com – Mata adalah jendela dunia. Lewat mata kita bisa mengerti, mengetahui, melihat dan masih banyak hal lagi. Namun perlu kita perhatikan juga keberadaannya. Bukan hanya tubuh saja yang bisa merasakan kecapaiaan atau kelelahan. Mata adalah jendela dunia. Lewat mata kita bisa mengerti, mengetahui, melihat dan masih banyak hal lagi. Namun perlu kita perhatikan juga keberadaannya. Bukan hanya tubuh saja yang bisa merasakan kecapaiaan atau kelelahan.



Dari sekian banyaknya aktifitas, mata selalu kita gunakan. Maka perlu dilakukan perawatan khusus. Banyak cara untuk merawat mata. Tapi yang terpenting adalah membuat mata kita sejenak beristirahat dari rutinitas. Istirahat di sini bukan berarti saat kita sedang tidur.

Coba kita bayangkan, setiap saat kita bekerja berjam-jam di depan komputer, atau menonton televisi, membaca buku, dan banyak sekali aktifitas lainnya. Kita tidak menyadari betapa beratnya mata kita telah bekerja. Mata merupakan bagian terpenting dari panca indera. Meski anda cukup banyak waktu untuk tidak menonton televisi, tidak membaca buku atau tidak berlama-lama di depan komputer tetap saja mata kita butuh istirahat.

Agar kondisi mata kita tetap sehat dan baik.Berikut ini tip-tip menarik untuk menjaga dan merawat mata kita :

  1. Jangan terlalu dekat ketika nonton tv, main game atau membaca buku Nonton tv leyar lebar memang lebih asyik, tapi lebih tidak menyehatlkan terutama bagi mata anak-anak. Anak yang sering nonton tv terlalu dekat, matanya beresiko besar mengalami minus ketika anak tumbuh dewasa. Jarak yang aman untuk menonton televisi sekitar 2 meter untuk TV ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Sebaiknya gunakan tv layar kecil untuk hiburan keluarga. Hal ini berlaku juga ketika anak bermain game, PS atau yang lainnya. Begitu juga dengan kebiasaan membaca, janganlah posisinya terlalu dekat, hal ini dapat membuat mata menjadi tegang dan lelah. Gunakan penerangan yang cukup ketika membaca, dan sebaiknya tidak membaca ketika tiduran.
  1. Jangan terlalu lama menggunakan komputer, televisi atau main game Jangan menggunakan komputer terlalu lama. Jika pekerjaan anda memang menggunakan komputer seharian, usahakan anda rutin beristirahat menjauh dari layar komputer, misalnya setiap 30 menit atau satu jam, rilekslah atau berjalan-jalanlah sebentar selama 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan. Gunakan monitor lcd untuk pc anda, penggunaan layar lcd cenderung lebih nyaman dan tidak cepat lelah bagi mata dibanding jika menggunakan monitor crt. Setting refresh rate yang tinggi pada monitor anda. Menonton tv terlalu lama dapat membuat mata tegang dan lelah, selain itu radiasi yang terpancar dari layar tv dapat berakibat buruk bagi mata. Anak-anak yang terbiasa nonton tv dan main console game berlebihan, cenderung beresiko lebih besar matanya menjadi minus.
  1. Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan Ketika mata anda terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara automatis anda akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan.
  1. Hindari debu dan polusi Ketika anda beraktifitas di luar ruangan, misalnya di jalan raya atau di area pabrik, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.
  1. Gunakan kacamata Menggunakan kacamata bukan hanya untuk gaya saja, sinar UV adalah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Penggunaan kacamata dengan lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100 persen saat berada di luar ruangan. Jika tidak ada kacamata, bisa juga dengan menggunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.
  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A Mata anda perlu dijaga kesehatannya, antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan sayur dan buah yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata anda. Wortel mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada labu kuning.
  1. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua Sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.
  1. Mengonsumsi antioksidan Makanan seperti berry, jeruk, plum dan ceri membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar matahari dan polusi), serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang dapat memicu katarak. Konsumsi antioksidan setidaknya 2 porsi dalam sehari.
  1. Mengonsumsi asam lemak omega-3 Bukti menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.
  2. Pertimbangkan multivitamin Jika memang diperlukan, saat ini banyak juga tersedia suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. National Eye Institute menunjukkan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng bisa memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak.