Cara Merawat Kulit Pada Pria

Dokter Sehat – Pada umumnya pria tidak merawat kulit mereka dengan baik, padahal kulit sangatlah penting untuk mencegah zat berbahaya dan mikro-organisme masuk kedalam kulit. Jika kulit tidak di rawat, maka jerawat akan mudah tumbuh. Selain itu kulit yang kering juga merupakan akibat dari tidak sehatnya kulit, sehingga kulit terlihat kusam, tidak bercahaya, dan kelihatan lebih tua.

13

Salah satu kebiasaan pria adalah dengan mencukur. Hanya sedikit pria saja yang menyadari bahwa kulit mereka terganggu oleh proses mencukur, mencukur tidak hanya dapat membuat perlindungan kulit menjadi asam, tetapi juga dapat menghilangkan beberapa lapisan kulit bagian bawah, termasuk lapisan sel kulit hidup dan hal ini akan membuat kulit menjadi sensitif.

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Pada Pria :

1. Rajin Membersikan Wajah
Karena para pria biasanya cuek dan tidak mau ribet, jadilah malas untuk mencuci wajahnya setelah bepergian. Dan hal ini akan memberi celah besar untuk bakteri dan juga kuman – kuman untuk bersarang dan menyebabkan jerawat, dan permasalahan kuiit wajah lainnya. Mencuci muka adalah perawatan dasar yang harus di lakukan oleh siapa saja termasuk pria. Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan menggunakan sabun wajah dan dibilas dengan air. Janganlah sembarangan menggunakan sabun, tetapi  gunakanlah sabun yang memang tepat untuk kulit wajah Anda.

2. Konsumsi Makanan Yang Sehat
Kebiasan buruk pada pria adalah dengan memakan makanan apa saja yang penting simpel dan juga mengenyangkan, padahal kenyang saja tidaklah cukup. Tetapi harus kenyang secara vitamin dan juga nutrisi, terutama bagi pria yang lebih aktif, sehingga membutuhkan kandungan vitamin dan nutrisi yang lebih banyak daripada para wanita. Mengkonsumsi makanan yang sehat adalah baik bagi kesehatan kulit siapapun termasuk pria, perbanyaklah mengkonsumi sayur dan buah-buahan karena itu akan memberikan nutrisi yang baik bagi kulit dan hindari makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan karena terlalu banyak mengkonsumi makanan yang banyak mengandung minyak bisa memicu tumbuhnya jerawat.

Baca Juga:  Pengobatan Tradisional Luka Caesar

3. Istirahat Yang Cukup
Para pria juga memiliki kebiasan buruk bergadang, bergadang sangatlah tidak baik bagi kesehatan kulit, tidak hanya kulit saja tetapi untuk seluruh tubuh. Bergadang dapat menyebabkan kulit mengalami penuanan dini, dan  kering. Karena kulit terhambat proses perkembangannya. Jadi penting bagi pria untuk memiliki jam tidur atau istirahat yang cukup jika ingin kulitnya terlihat sehat.

4. Gunakan Produk Yang Tepat
Janganlah malu untuk melakukan perawatan – perawatan kulit seperti memakai masker, memakai cream perawatan wajah, karena kulit pria juga membutuhkan hal serupa seperti yang dibutuhkan kulit wanita. Kini produk perawatan kulit tidak ditujukan pada wanita saja, dipasaran sudah banyak beredar produk perawatan kulit untuk pria. Mulai dari pembersih wajah, pelembab, dan lain-lain. Jadi menggunakan produk yang tepat juga merupakan salah satu kunci untuk merawat kulit tetap sehat.